Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Musim Hujan, Cek 3 Cara Rawat Wiper

Kompas.com - 26/09/2024, 17:12 WIB
Selma Aulia,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Memasuki musim hujan, para pemilik mobil harus lebih memperhatikan kondisi wiper mobil untuk memastikan visibilitas tetap optimal saat berkendara.

Seperti diketahui, wiper yang tidak berfungsi dengan baik bisa menyebabkan pandangan terganggu, meningkatkan risiko kecelakaan, dan membuat berkendara tidak nyaman.

Oleh karena itu, perawatan wiper tidak boleh diabaikan, terlebih ketika intensitas hujan mulai meningkat.

Baca juga: Apakah Aman Musim Hujan Pakai Cover Mobil?

Air wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper.Foto: Peugeot Air wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper.

Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic mengatakan, ada tiga cara yang perlu dilakukan pemilik mobil supaya wiper bekerja dengan lancar.

“Pertama, pastikan karet wiper masih baik dengan mengecek kelenturannya.Karet yang sudah mengeras biasanya tidak bisa membersihkan kaca dengan sempurna, masih terlihat garis-garis air di kaca. Sebaiknya lakukan penggantian rutin karet wiper minimal satu tahun sekali,” kata Iwan kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kemudian, Iwan menyarankan, saat kondisi panas wiper mobil diangkat, sehingga bisa memperlambat proses pengerasan karet.

Baca juga: Alternatif Cairan yang Cocok Untuk Air Wiper


Terakhir, Iwan menyarankan, pemilik mobil sebaiknya menggunakan cairan khusus wiper karena dirancang secara spesifik untuk membersihkan kaca mobil dengan lebih efektif.

“Pastikan menggunakan cairan khusus untuk wiper, selain kaca lebih bersih karet wiper juga menyapu lebih licin, ini akan mengurangi beban kerja dari motor wiper,” katanya.

Dengan merawat wiper, tidak hanya meningkatkan visibilitas saat berkendara, tetapi juga memperpanjang umur komponen wiper.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau