Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dijual Rp 300 Jutaan, Ini Fitur Suzuki Grand Vitara yang Jadi Unggulan

Kompas.com - 26/09/2024, 16:31 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.comSuzuki Grand Vitara hybrid di Indonesia dijual mulai Rp 362 juta (GL), Rp 388,4 juta (GX), dan Rp 391,4 juta (GX Two Tone). Model tersebut bermain di segmen Sport Utility Vehicle (SUV) ringkas yang bersaing dengan Honda HR-V, Hyundai Creta, dan Mazda CX-3.

Pembahasan yang sangat menarik dari Grand Vitara ini, yaitu soal fitur karena banyak disematkan teknologi modern yang bisa menjadi nilai jual. Tentunya selain (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki/SHVS), SUV ringkas ini punya jagoan lain, seperti:

Baca juga: Hitung Biaya Kepemilikan Suzuki Grand Vitara, Cukup Ekonomis

Fitur di Interior

Fitur kamera parkir Suzuki Grand Vitara- Fitur kamera parkir Suzuki Grand Vitara

Bicara mengenai interior, tentunya Grand Vitara punya desain yang cukup elegan dan sporty di kelasnya. Bahkan untuk urusan daya angkut dan fitur hiburannya juga sangat lengkap, seperti area dasbor sudah dilengkapi wireless charger, head unit 9 inci sampai head up display yang memberikan kesan modern.

Jok sudah dilengkapi dengan bahan kulit sintetis. Namun, hanya bisa ditemui pada varian tertinggi, GX AT. Sementara itu untuk varian GL AT masih menggunakan pelapis jok berbahan fabric.

Baca juga: Sensasi Berkendara Singkat All New Triton di Medan Off Road [Video]

Menariknya lagi tersedia fitur cruise control pada varian GL AT ataupun GX AT. Kabin Grand Vitara ini menawarkan kenyamanan dan kepraktisan cukup baik bagi penumpangnya. Semua jok sudah dilengkapi headrest adjustable dan terdapat armrest di bangku belakangnya.

Selain itu, penumpang jok belakang juga mendapatkan kisi-kisi AC khusus di konsol tengah. Lalu pada varian tertinggi terdapat soket USB dan 12V di setiap baris joknya.

Fitur keselamatan

Suzuki Grand Vitara- Suzuki Grand Vitara

Fitur keselamatan pada Grand Vitara cukup merata baik di varian GL AT ataupun GX AT. Paling standar, kedua varian sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman 3 titik lengkap dengan force limiter untuk jok depan.

SUV ringkas ini juga dirancang menggunakan struktur bodi TECT dan turut dilengkapi side impact beam. Bahkan sudah dilengkapi dengan 6 kantong udara ditambah lagi sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Braking Assist (BA), dan Electronic Brake Distribution (EBD).

Suzuki Grand Vitara- Suzuki Grand Vitara

Mobil ini juga dilengkapi Electronic Stability Program (ESP) yang berguna menjaga kestabilan kendaraan ketika melaju di permukaan jalan licin.

Fitur lainnya seperti immobilizer, keyless entry, hill hold control, auto headlamp, sensor parkir mundur, dan ISOFIX. Khusus varian GX AT akan mendapatkan fitur kamera 360 derajat. Fitur ini tidak bisa ditemui pada varian GL AT karena digantikan dengan kamera parkir mundur.

Eksterior

Suzuki Grand Vitara- Suzuki Grand Vitara

Secara tampilan karena Grand Vitara merupakan SUV ringkas, maka kesan tangguh begitu kental karena penggunaan roof rail hingga lower bumper yang didesain seperti skid plate. Sistem pencahayaannya sudah menggunakan LED sehingga bisa memberikan pencahayaan yang maksimal.

Selain itu, eksteriornya juga dilengkapi dengan kaca spion auto-retractable dan shark fin antenna. Semua itu berlaku untuk Grand Vitara varian GL AT ataupun GX AT. Mesksi begitu kedua varian tetap memiliki perbedaan penampilan, paling signifikan, yaitu panoramic sunroof pada varian GX AT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau