Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membiarkan Oil Sludge Bisa Merusak Mesin Mobil

Kompas.com - 23/08/2024, 12:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

SOLO, KOMPAS.com - Penumpukan oil seringkali dianggap sepele atau masalah kecil yang tidak membutuhkan perhatian khusus, padahal ini bisa berpotensi merusak mesin mobil.

Oil sludge atau endapan kental terbentuk dari campuran minyak pelumas yang telah terdegradasi dengan kotoran dan sisa pembakaran, jika dibiarkan menumpuk, bisa jadi penyumbat dan menimbulkan kerusakan fatal pada mesin.

Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic mengatakan, oil sludge bisa membuat saluran oli tersumbat dan bisa berdampak fatal bagi mesin.

Baca juga: MotoGP Siapkan BMW M5 Terbaru buat Peraih Kualifikasi Terbaik

 

Oli mesin bekas bertambah dan lebih encerIST Oli mesin bekas bertambah dan lebih encer

“Ini bisa fatal karena bagian-bagian komponen yang bergesekan tidak mendapatkan pelumas dan akan bergesekan secara berlebih. Bila kondisi ini terus berlanjut dipastikan mesin akan mogok karena komponen tadi macet,” kata Iwan kepada Kompas.com, belum lama ini.

Perlu diketahui, gesekan yang berlebih bisa menyebabkan keausan, panas, dan kerusakan pada komponen-komponen terkait. Sehingga jika dibiarkan akan mengurangi umur pakai mesin dan menyebabkan kegagalan mesin.

“Mesin bisa mengalami overheat, karena komponen yang penting kurang pelumas, dan kemampuan mobil akan menurun, akselerasi melambat bahkan tidak ada tenaga, selain itu BBM bisa jadi boros,” kata Iwan.

Baca juga: PO Gunung Mulia Rilis Bus Anyar Pakai Bodi Legacy SR3 HD Prime


Senada, Hardi Wibowo, Pemilik Ah Motor juga mengatakan, oil sludge yang dibiarkan akan semakin parah dan menimbulkan masalah.

Hardi mengatakan, saluran oli yang tersumbat oleh sludge akan membuat komponen mesin tidak mendapat pelumas dengan baik, sehingga berisiko cepat aus.

“Untuk komponen mesin yang bergesekan, selalu membutuhkan pelumas yang baik, bila pelumasnya terganggu maka risikonya komponen tersebut akan mudah aus, seperti metal-metal, crankshaft dan camshaft,” ucap Hardi.

Jadi, untuk menjaga keawetan mesin mobil maka jangan membiarkan oil sludge dalam waktu yang lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau