Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AHM Gelar Kompetisi Instruktur Safety Riding, Terus Perbarui Kurikulum

Kompas.com - 04/07/2024, 17:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Honda Motor (AHM) kembali gelar kompetisi instruktur safety riding atau Astra Honda Safety Riding Instructors Competition (AHSRIC) 2024. Kompetisi ini merupakan yang ke-15 kali dilakukan AHM.

Adanya kompetisi ini merupakan komitmen AHM dalam menghasilkan sumber daya unggul dan terlatih. Sehingga bisa mendukung terciptanya budaya keselamatan berkendara yang aman dan nyaman.

Pada AHSRIC, bukan cuma keahlian berkendara yang aman, tapi juga kemampuan instruktur menyampaikan informasi juga dites. Bahkan setiap tahun, ada perbedaan kurikulum, terus diperbarui mengikuti kebutuhan masyarakat.

Baca juga: Honda Super Cub 50cc Stop Produksi, Lagi Disiapkan Model Pengganti

Kompetisi Keselamatan Berkendara Astra Honda Motor Kompas.com/Fathan Kompetisi Keselamatan Berkendara Astra Honda Motor

Puncak acara dari kompetisi ini diadakan di Astra Honda Motor Safety Riding Park (AHMSRP) di Deltamas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat pada 1-4 Juli 2024.

Kompetisi ini terbagi menjadi delapan kategori yaitu Instruktur Kelas Big Bike, Instruktur Kelas Sport, Instruktur Kelas Skutik, Advisor Dealer, Advisor Komunitas Kelas Sport, Advisor Komunitas Kelas Skutik, Group Instruktur Main Dealer Honda, serta Group Safety Riding Center Main Dealer Honda.

Pada tahun ini penilaian coaching mengalami penyegaran dengan fokus baru perilaku berkendara yang berkeselamatan berdasar riset dari tim safety riding AHM. Semakin menarik, untuk pengujian inovasi tahun ini juga dibuka untuk seluruh kategori grup Main Dealer.

Baca juga: Grand Livina Patah As Roda Depan Setelah Hantam Lubang di Jalan

 

Kompetisi Keselamatan Berkendara Astra Honda Motor Kompas.com/Fathan Kompetisi Keselamatan Berkendara Astra Honda Motor

Sebelum mencapai level nasional, para peserta AHSRIC 2024 telah melewati seleksi regional yang melibatkan 120 instruktur safety riding, 2.690 advisor safety riding dari diler Honda, dan 1.577 advisor dari komunitas Honda di seluruh Indonesia.

Terpilihlah 196 peserta untuk bersaing di kompetisi nasional yang terdiri dari 18 instruktur kelas big bike, 54 instruktur kelas sport, 12 instruktur kelas skutik, kemudian 28 peserta dealer advisor, community advisor sport 56 peserta, dan community advisor AT 28 peserta. Selain itu para peserta juga akan bertanding dalam kategori grup instruktur grup main dealer dan grup instruktur Safety Riding Center.

 

Kompetisi keselamatan berkendara Astra Honda Motor Kompas.com/Fathan Kompetisi keselamatan berkendara Astra Honda Motor

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, Andy Wijaya mengatakan, kompetisi AHSRIC adalah wujud dari komitmen AHM untuk selalu meningkatkan kemampuan instruktur safety riding Honda.

Melalui kompetisi ini, para instruktur mendapat banyak tantangan untuk semakin cerdas dan efektif dalam mengkampanyekan keselamatan berkendara pada berbagai segmen masyarakat yang menggunakan beragam tipe sepeda motor.

“Melalui AHSRIC, kami ingin mengalibrasi kompetensi para instruktur safety riding Honda di seluruh Indonesia, sehingga mereka dapat terus mengedukasi masyarakat akan pentingnya keselamatan berkendara. Serta berperan aktif dalam menciptakan budaya berkendara yang aman, nyaman, dan menyenangkan,” ujar Andy dalam siaran resmi, Kamis (4/7/2024).

Berikut Daftar Pemenang di AHSRIC 2024:

Instruktur Kelas Big Bike: Amizar Maas (DAM)

Instruktur Kelas Sport: Hari Setiawan (MPM Surabaya)

Instruktur Kelas Skutik: Nofa Ismiati (DAM)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com