Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanam 20.000 Mangrove, Cara AHM Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Kompas.com - 14/06/2024, 12:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Yayasan Astra Honda Motor menggelar aksi menanam 20.000 mangrove di kawasan Kawasan Ekonomi Esensial (KEE) Teluk Pangpang, Banyuwangi, Jawa Timur.

Kegiatan yang berlangsung pada Selasa (11/6/2024) itu sekaligus sebagai ajang pembuktian komitmen perusahaan terhadap mitigasi perubahan iklim dan pelestarian lingkungan.

Acara dibuka Anang Budi Wasono, Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Banyuwangi Provinsi Jawa Timur, bersama jajaran manajemen PT Astra Honda Motor (AHM), Yayasan AHM, dan PT Mitra Pinasthika Mulia.

Baca juga: Jalan Umum adalah Milik Bersama, Jangan Mau Menang Sendiri

Yayasan Astra Honda Motor (AHM) menggelar aksi menanam 20.000 mangrove di kawasan Kawasan Ekonomi Esensial (KEE) Teluk Pangpang, Banyuwangi, Jawa Timurdok.AHM Yayasan Astra Honda Motor (AHM) menggelar aksi menanam 20.000 mangrove di kawasan Kawasan Ekonomi Esensial (KEE) Teluk Pangpang, Banyuwangi, Jawa Timur

Yayasan AHM menanam mangrove jenis Rhizopora Mucronata, yang mampu menyerap karbon tiga hingga lima kali lebih banyak dibandingkan hutan tropis daratan.

Selain itu, mangrove tersebut juga bisa memperbaiki ekosistem lahan basah, mendukung kehidupan satwa dan manusia secara berkelanjutan.

Sejak 2017, Yayasan AHM telah menanam 10.879 pohon mangrove di berbagai wilayah Indonesia.

Guna menjaga ekosistem pesisir, kegiatan ini juga melibatkan bersih pantai yang diikuti oleh komunitas nelayan setempat dan pelajar dari sekolah mitra binaan AHM.

Ketua Yayasan AHM, Ahmad Muhibbuddin, menekankan pentingnya mangrove sebagai penghasil oksigen dan penyerap CO2, yang berperan dalam mengurangi emisi gas rumah kaca.

Baca juga: Penyebab Knalpot Motor Mengeluarkan Asap Hitam

Yayasan Astra Honda Motor (AHM) menambah pusat pelatihan Safety Riding Lab Astra Honda yang ke-7 di Tasikmalaya, Jawa Barat. Dok. AHM Yayasan Astra Honda Motor (AHM) menambah pusat pelatihan Safety Riding Lab Astra Honda yang ke-7 di Tasikmalaya, Jawa Barat.

“Penanaman mangrove ini diharapkan berdampak ganda bagi lingkungan dan masyarakat sekitar baik ekologi maupun ekonomi, serta mendukung tercapainya net zero emission pemerintah,” ujar Muhib dalam keterangan tertulis.

Diketahui bahwa KEE Teluk Pangpang merupakan kawasan konservasi mangrove yang penting untuk kelangsungan hidup berbagai spesies.

Kawasan ini memiliki 12 jenis pohon mangrove, 18 jenis bivalvia, dan 43 jenis burung, sebagian besar merupakan burung migran.

Ekosistem mangrove yang sehat di kawasan pesisir membantu meningkatkan daya tahan masyarakat terhadap perubahan iklim dan meminimalisir dampak bencana alam seperti gelombang tinggi, tsunami, dan banjir bandang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com