Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Super Cub 50cc Stop Produksi, Lagi Disiapkan Model Pengganti

Kompas.com - 04/07/2024, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor legendaris Honda Super Cub akan dihentikan produksinya, tapi cuma yang varian 50cc. Sedangkan yang 110cc dan 125cc masih terus dilanjutkan, bahkan sepertinya akan terus dibuat dalam waktu yang lama.

Dikutip dari Young-Machine, ada rumors yang mengatakan kalau Honda menghentikan produksi dari Super Cub. Cuma sebagai klarifikasi, yang distop cuma versi 50cc, bukan semuanya.

Minoru Kato, General Manager Businnes Division Honda Motor di Jepang mengatakan, Super Cub 50 ada regulasi baru yang menggunakan mesin di bawah 125cc dengan tenaga yang dikurangi, cuma 4 kW atau 5,3 TK saja.

Baca juga: Honda Motor Buka Kompetisi Inovasi Kreatif bagi Kaum Gen Z

Honda Super Cub 110Young-Machine.com Honda Super Cub 110

Regulasi yang berlaku November 2025 tersebut dibuat karena versi 50cc sudah sulit untuk mendapatkan emisi yang baik. Maka dibuat aturan buat moped dengan mesin di bawah 125cc dengan tenaga yang dibatasi.

Kebetulan, Super Cub yang 50cc ini menggunakan bodi yang sama persis dengan Super Cub 110. Jadi ada kemungkinan moped (motor kecill atau pemula) baru Super Cub menggunakan mesin yang sama, 110cc.

Baca juga: Bocoran Bus Baru PO Bagong, Pakai Bodi Discovery SR3


"Super Cub tetap bisa dikendarai dengan SIM khusus moped akan terus hadir dengan standar yang baru," kata Kato.

Jadi bisa diumumkan, Honda Super Cub tidak akan punah dalam waktu yang dekat. Malahan akan terus dibuat versi yang baru dengan mengikuti standar emisi terkini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com