Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan AHM Akhirnya Sematkan Alarm dan Smart Key di BeAT

Kompas.com - 14/06/2024, 07:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda BeAT pernah dapat predikat motor paling diincar maling beberapa tahun terakhir. Makanya pada All New Honda BeAT, disematkan fitur baru seperti alarm dan smart key atau key less.

Sebenarnya teknologi alarm dan smart key pada motor Honda sudah hadir lebih lama. Bisa dibilang saat PCX lokal mulai dipasarkan 2017, sudah memakai smart key. Kemudian, menyusul model lain ke Vario, Scoopy, baru sekarang di BeAT.

Kalau teknologinya sudah hadir lama, apa alasan AHM baru memberikan fitur smart key dan alarm ke skutik paling laku tersebut?

Baca juga: All New Honda BeAT Ada Dua Pilihan Pelek, Apa Bedanya?

All New Honda BeAT SeriesKompas.com/Adityo All New Honda BeAT Series

Tommy Ronaldi, Technical Service PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, penyematan fitur baru ke Honda BeAT tidak semudah itu. Perlu dilakukan pengembangan yang berdasarkan analisa pasar.

"Kita kan pengembangan (produk) pasti analisa pasar, sebelum jadi prototipe, terus dipasarkan. Butuh waktu," kata Tommy di Jakarta, Rabu (12/6/2024).

Analisa pasar di sini maksudnya melihat kebutuhan dari para calon konsumen. Bisa jadi sebelumnya, konsumen BeAT dirasa belum butuh dapat fitur alarm maupun smart key.

Baca juga: Beda Teori dan Kenyataan, Soal Waktu Ideal Servis AC Mobil


"Kita menyesuaikan dengan kebutuhan pasar di Indonesia seperti apa," kata Tommy.

Makanya sekarang, semua varian BeAT CBS, Deluxe, dan Street sudah disematkan alarm. Sedangkan yang Deluxe smart key, tidak dapat alarm tapi dapat remot buat menyalakan motornya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com