Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Utama Orang Indonesia Mau Beli Mobil Hybrid

Kompas.com - 04/07/2024, 15:12 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Ada berbagai alasan konsumen membeli mobil hybrid. Namun ternyata faktor utamanya ialah terkait konsumsi bahan bakar. Mobil hybrid disukai karena irit.

Hal tersebut terkuak dari hasil survei yang dilakukan Kompas.com kepada lebih dari 1.075 orang. Mayoritas mengatakan suka mobil hybrid karena alasan konsumsi bahan bakar.

Baca juga: Batas Maksimal Ban Mobil Masih Bisa Ditambal

Survei dilakukan pada 11-27 Maret 2024 dengan studi kuantitatif. Responden berasal dari pembaca Kompas.com di semua daerah di Indonesia, terdiri dari semua umur dan gender baik pria dan wanita.

Wuling Almaz HybridKompas.com/Donny Wuling Almaz Hybrid

Bukan tanpa sebab mayoritas memilih mobil hybrid dengan alasan irit. Seperti diketahui harga bahan bakar minyak (BBM) terus naik apalagi di masa datang.

Berdasarkan survei Kompas.com, ada sebanyak 57 persen responden yang ingin membeli mobil hybrid karena alasan irit. Kemudian 53 persen mengatakan ingin mengurangi emisi gas buang.

Baca juga: Kredit Mobil BRI Finance, Tawarkan Bunga 2,75 Persen Flat

Survei juga menunjukkan bahwa tak sedikit yang ingin membeli mobil hybrid karena fitur dan bentuknya yang modern sebanyak 44 persen. Selanjutnya yaitu performa mesin yang halus sebesar 40 persen.

Mengenai merek, Toyota, Hyundai, dan Honda dipilih karena merek yang terpercaya. Adaoun Wuling dipilih karena dianggap suku cadangnya mudah ditemukan.

Test Drive All New Ertiga Hybrid Cruise di IIMS 2024Kompas.com/Nanda Test Drive All New Ertiga Hybrid Cruise di IIMS 2024

"Sedangkan mayoritas pemilih BMW mempertimbangkan fitur dan bentuknya yang modern," tulis hasil survei Kompas.com.

Kemudian selain irit bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang, jika dilihat dari jenis kelamin maka laki-laki lebih mempertimbangkan performa mesin yang halus/tidak bising.

Sedangkan perempuan mempertimbangkan fitur dan bentuk yang lebih modern.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com