Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grand Livina Patah As Roda Depan Setelah Hantam Lubang di Jalan

Kompas.com - 04/07/2024, 13:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Akibat menerabas lubang yang cukup dalam di jalan raya, Nissan Grand Livina mengalami patas as roda.

Peristiwa ini diunggah oleh akun media sosial Instagram @palembang.eksis, yang memperlihatkan Grand Livina berhenti ditengah jalan akibat patah as roda hingga ban rusak.

Dijelaskan kalau kejadian patas as roda ini terjadi di Jalan Siaran Sako, Palembang, Sumatera Selatan.

Baca juga: Bocoran Bus Baru PO Bagong, Pakai Bodi Discovery SR3

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MEDIA ANAK MUDA PALEMBANG (@palembang.eksis)

Menanggapi hal tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, tidak semua mobil di desain untuk melewati jalan yang jelek seperti offroad, karena pasti suspensinya sudah heavy duty.

“Nah, mobil-mobil yang umum didesain hanya untuk jalan yang flat alias perkotaan, di jalan yang flat idealnya tidak boleh ada lubang. Enggak disangkal ada tapi bisa dihindari atau disiasati,” kata Sony kepada Kompas.com, Rabu (3/7/2024).

Sony mengatakan, cara pertama yang dilakukan adalah melibas dengan kecepatan yang rendah agar suspensi mampu bekerja maksimal pada toleransinya.

Baca juga: Simak Daftar Harga Aki Motor Per Juli 2024


“Jadi rem smooth dulu dan saat melibat lubang rem tidak dalam kondisi ditekan sehingga lebih awet. Ingat, goncangan yang besar akibat melibas dengan kencang akan membuat suspensi rusak atau jebol,” kata Sony.

Kemudian, kedua dengan mengurangi kecepatan atau rem smooth dan lihat spion belakang. Jika dibelakang kosong hindari lubang ke kiri atau kanan.

“Semua ini bisa diantisipasi oleh pengemudi jika kecepatannya dan jaraknya disesuaikan. Kalau sampai ada mobil yang suspensinya rusak belum waktunya artinya mobil tersebut sering menghantam lubang dengan keras,” kata Sony

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com