Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan yang Harus Dilakukan Bikers Saat Musim Hujan

Kompas.com - 04/07/2024, 17:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Jakarta kemarin sore, Rabu (3/7/2024) ternyata hampir terjadi di seluruh wilayah metropolitan ini.

Dalam unggahan akun X (Twitter) @txtdrjkt, Rabu (3/7/2024), terlihat komentar warganet yang membagikan kondisi wilayah mereka saat hujan deras disertai angin kencang ini.

Baca juga: Mobil Listrik MG Sudah Terjual 1.200 Unit

 

Mulai dari daerah, Cikini, Gambir, Sudirman, Kampung Melayu dan masih banyak daerah yang dilanda hujan deras disertai angin kencang, bahkan juga terlihat jarak pandang jadi terbatas.

Maka dari itu, bagi pengendara sepeda motor harus berhati-hati dan perlu menyiapkan kebutuhan yang digunakan saat kondisi hujan.

Agus Sani, Head of Promotion Safety Riding Wahana Honda mengatakan, untuk berkendara motor saat hujan memang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

“Pertama sebelum berangkat biasakan untuk selalu mengecek kendaraan, terutama bagian ban, rem dan kelistrikan,” kata Agus saat dihubungi Kompas.com, Kamis (4/7/2024).

Baca juga: Grand Livina Patah As Roda Depan Setelah Hantam Lubang di Jalan


Kemudian, kedua siapkan atau gunakan jas hujan dengan model terpisah bukan model ponco karena ini berbahaya, bisa masuk ke jeruji ban motor.

“Ketiga, apabila hujan tiba-tiba deras atau lebat dan disertai angin kencang sebaiknya menepi di tempat yang aman dan berteduh sampai cuaca kembali kondusif,” kata Agus.

Keempat, hindari jalan dengan genangan air yang cukup tinggi, batas maksimal yang bisa dilewati motor yaitu sampai dengan lubang knalpot motor. Namun, apabila genangan air terlalu panjang sebaiknya menunggu surut dan cari rute lain yang lebih aman, pilihlah rute yang tidak banjir.

Baca juga: Diskon LMPV di Juli 2024, Ertiga Hybrid Tembus 32 Juta

“Kelimam, gunakan rem depan dan belakang secara bersamaan apabila ingin melakukan pengereman, kekuatan rem depan harus dikurangi untuk mencegah roda depan slip atau tergelincir,” kata Agus.

Terakhir, Agus mengatakan, jaga jarak aman anda dengan kendaraan didepan untuk menghindari pengereman mendadak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com