Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya Rembes Oli, Bolehkah Menunda Saran Turun Transmisi Manual?

Kompas.com - 29/06/2024, 12:02 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Saran perbaikan biasanya datang dari pihak bengkel setelah mobil melakukan perawatan atau sekadar konsultasi.

Pada kondisi tertentu, saran perbaikan mobil bisa sampai harus melakukan turun transmisi atau overhaul untuk memperbaiki kebocoran oli.

Lantas, apa dampaknya bila saran perbaikan tersebut tidak segera dilakukan?

Baca juga: Bahaya, Jangan Gunakan Transmisi Netral Saat Melewati Turunan


Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta, mengatakan, setiap ada kebocoran oli pada transmisi manual sebaiknya perbaikan segera dilakukan.

“Tujuannya untuk mencegah terjadinya penurunan volume oli, khusus untuk jenis transmisi manual bila oli berkurang maka dampaknya beberapa komponen akan aus seperti bearing,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Jumat (28/6/2024).

Hardi mengatakan kerusakan yang bisa terjadi awalnya hanya muncul suara kasar saat mobil melaju atau mesin hidup. Tapi, bila terus diabaikan kerusakan lain lebih berat bisa terjadi.

Baca juga: Cara Mengemudikan Mobil Transmisi Manual agar Hemat BBM

Transmisi manual Wuling ConferoIST Transmisi manual Wuling Confero

“Ketika ketahuan ada kebocoran oli, langsung dilakukan perbaikan maka biayanya akan lebih murah daripada menunggu sampai ada kerusakan lainnya, level oli transmisi manual juga lebih sulit terkontrol karena tidak semuanya dibekali dipstick,” ucap Hardi.

Jadi, menurut Hardi menunda perbaikan kebocoran oli transmisi berpotensi memperparah kerusakan dan dapat membuat biaya perbaikan membengkak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com