Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Pedal Gas Harus Dilepas saat Mobil Mau Masuk Tikungan di Tol?

Kompas.com - 29/06/2024, 08:22 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Beredar video pelatih mengemudi sedang mengajari kliennya cara mendahului mobil lain di jalan tol yang aman. Dalam video dijelaskan bahwa setiap hendak memasuki tikungan di tol perlu melepas pedal gas sejenak.

Cara tersebut terbilang asing bagi pengguna mobil modern karena berbagai fitur sistem mengemudi sudah tersedia untuk mencegah terjadinya selip ketika sedang bermanuver.

Jamaludin, Head of Nissan Academy PT Nissan Motor Indonesia (NMI), mengatakan, ada risiko selip ketika mobil bermanuver dalam kecepatan tinggi.

Baca juga: Pahami TWI dalam Perawatan Ban untuk Keselamatan Berkendara


“Seperti ketika masuk area tikungan, ada potensi masing-masing roda mengalami selip karena gaya lempar ke sisi luar atau sentrifugal, akibatnya posisi roda bisa bergeser karena kehilangan traksi,” ucap Jamal kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jamal mengatakan potensi selip tersebut akan semakin besar seiring tingginya laju mobil karena menghasilkan gaya lempar keluar trek lebih besar.

Selain itu, ketika roda berputar sangat cepat, permukaan jalan licin, dan kondisi tapak ban sudah aus akan meningkatkan peluang selip.

Baca juga: Bahaya Berkendara dengan Muatan Berlebih

Ilustrasi panic attack saat berkendaraCalm Clinic Ilustrasi panic attack saat berkendara

“Maka dari itu untuk menghindari hal-hal tersebut pada mobil modern dilengkapi vehicle dynamic control (VDC) sebagai asisten pengemudi, tujuannya untuk mengantisipasi terjadinya oversteer atau understeer,” ucap Jamal.

Jamal mengatakan VDC akan meminimalisasi perbedaan putaran pada masing-masing roda berdasarkan pembacaan sensor putaran roda. Sistem akan membuat putaran mesin berkurang sehingga tenaga yang dihasilkan tidak berlebihan.

“Bahkan, pengereman lembut bisa dilakukan pada beberapa roda secara otomatis agar mobil tetap berada di trek dengan cara menjaga traksi,” ucap Jamal.

Jadi, melepas pedal gas saat mau masuk area tikungan di tol bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya selip yang dilakukan secara manual oleh pengemudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com