Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Pabrik Mobil Listrik BYD mulai Dibangun?

Kompas.com - 01/07/2024, 08:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Produsen asal China, Build Your Dream (BYD), berencana untuk membuka pabrik mobil listrik di Indonesia, tepatnya berlokasi di kawasan Subang, Jawa Barat.

Pabrik baru ini akan menggunakan lahan seluas lebih dari 108 hektar, yang mencakup pusat penelitian dan pengembangan, serta fasilitas pelatihan dengan teknologi hemat energi dan ramah lingkungan.

Untuk merealisasikan hal tersebut, PT BYD Motor Indonesia telah menandatangani kesepakatan kerja sama dengan PT Suryacipta Swadaya, developer dari Kawasan Industri Subang Smartpolitan.

Baca juga: Chery Omoda 5 Diskon Harga Rp 65 Juta

Mobil listrik BYD mulai dikirim ke konsumen pada Minggu, 30 Juni 2024KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mobil listrik BYD mulai dikirim ke konsumen pada Minggu, 30 Juni 2024

Meski begitu, pembangunan pabrik masih jauh dari angan. Prosesi peletakan batu pertama alias groundbreaking juga belum dilakukan dalam waktu dekat.

“Kami masih dalam proses manufaktur, persiapan proses manufaktur, (groundbreaking) belum,” ujar Luther Panjaitan, Head of Marketing Communication PT BYD Motor Indonesia di Jakarta, Minggu (30/6/2024).

Sebelumnya, Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia Eagle Zhao mengatakan, perusahaan berencana memulai operasional pabrik mobil listrik pada Januari 2026.

Baca juga: Pemerintah Izinkan Impor Truk Bekas buat Tambang, Ini Respon Isuzu

Eagle menambahkan, Kawasan Industri Subang Smartpolitan dipilih menjadi lokasi pengembangan industri EV BYD di Indonesia karena beberapa alasan.

"Kawasan industri ini dapat memenuhi kriteria, baik dari segi luas, jarak, lingkungan, maupun infrastruktur yang kami perlukan, sehingga kami yakin bahwa fasilitas yang terbangun nantinya akan mampu mendorong pertumbuhan industri otomotif Indonesia," ujar Eagle di JIExpo, Kemayoran (30/4/2024).

Selain itu, kawasan industri Subang Smartpolitan juga sudah terintegrasi dengan berbagai infrastruktur strategis nasional.

Lokasi ini mudah untuk diakses melalui Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) di KM 89 yang juga sedang dalam tahap pengembangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com