Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya, Jangan Gunakan Transmisi Netral Saat Melewati Turunan

Kompas.com - 28/06/2024, 11:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Ketika melewati jalan menurun, ada beberapa hal yang perlu dilakukan pengemudi mobil untuk menjaga keamanan berkendara. Salah satunya dengan menghindari penggunaan gigi netral.

Beberapa orang beranggapan menggunakan gigi netral bisa mengurangi tekanan pada transmisi atau mesin, padahal ini bisa meningkatkan risiko kehilangan kontrol kendaraan.

Pasalnya, jika menggunakan gigi netral di turunan mesin tidak lagi memberikan torsi yang dibutuhkan untuk mempertahankan kecepatan, sehingga mobil bisa meluncur begitu saja.

Baca juga: Sensasi Nyetir Hyundai Palisade Signature AWD Dalam dan Luar Kota

Perjalanan menuju Geopark Ciletuh, yang penuh kelokan, turunan, dan tanjakan curam, Sabtu (23/6/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Perjalanan menuju Geopark Ciletuh, yang penuh kelokan, turunan, dan tanjakan curam, Sabtu (23/6/2018).

Roslianna Ginting, Training Director The Real Driving Centre (RDC) mengatakan, pindah tuas transmisi ke netral boleh dilakukan tapi hanya saat kondisinya landai, jika turunan curam dan tajam hal tersebut sangat tidak disarankan.

“Bila landai dan pendek, masih bisa. Namun, bila curam dan panjang tidak diperbolehkan, sebab berisiko besar,” kata Roslianna kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dia menjelaskan, jika pindah tuas transmisi ke Netral di turunan maka tidak ada engine brake dan sudah pasti pengemudi harus injak pedal rem secara berlebihan. Ini tentu membuat kinerja rem sangat berat.

Baca juga: Minat Beli Mobil Listrik Bekas? Ini Tantangannya


“Bahkan, seringkali pengemudi salah kaprah yang beranggapan dengan menggunakan gigi netral di jalan menurun dapat menghemat bahan bakar,” kata Roslianna.

Roslianna mengimbau, bagi pengemudi yang melewati turunan penting untuk menggunakan gigi yang sesuai, sehingga bisa menciptakan keamanan dalam berkendara.

“Wajib diperhatikan, semakin terjal turunan dan panjang semakin berisiko. Selayaknya wajib menggunakan gigi rendah,sehingga dapat menahan laju kendaraan dengan baik,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com