Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Kabar Nissan Livina?

Kompas.com - 01/07/2024, 09:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI), masih memasarkan Livina yang merupakan kembaran dari Mitsubishi Xpander di segmen low multi purpose vehicle (LMPV).

Sayangnya, nasib Livina tak seberuntung Xpander. Karena sampai saat ini, Nissan Livina belum mendapatkan pembaruan apapun.

Bahkan Nissan masih mempertahankan Livina menggunakan transmisi matik konvensional, sementara Xpander dan Xpander Cross, sudah beralih ke CVT.

Baca juga: Meluncur di GIIAS 2024, Ini Modal Serena e-Power Usik Zenix Hybrid

Lalu apa rencana ke depan Nissan untuk LMPV ini?

Nissan LivinaNMDI Nissan Livina

Menjawab pertanyaan tersebut, Nasional Sales Division Head PT NMDI Caca Tobing mengatakan, secara jangka pendek memang pihaknya belum ada rencana melakukan pembaruan apapun untuk Livina.

Namun demikian, NMDI memastikan tetap akan memasarkan Livina meski secara tampilan dan teknologi tertinggal dengan saudaranya.

Baca juga: Mitsubishi Xpander Cross Limited Edition Bidik Konsumen yang Ingin Tampil Berbeda

"Pembaruan itu RnD dan itu tidak sebanding dengan volume-nya. Terkecuali kita produk global, karena akan lain cerita. Sejauh ini untuk pembaruan saya belum dengan ada rencana, tapi untuk mempertahankan market kita masih di model ini," ujar Caca beberapa waktu lalu.

Mitsubishi XpanderKOMPAS.com/Gilang Mitsubishi Xpander

Lebih lanjut Caca menjelaskan, salah satu alasan Nissan tetap percaya diri memasarkan Livina tanpa adanya pembaruan karena memang LMPV masih menjadi pasar yang potensial.

Selain itu, diakui meski secara model Livina tertinggal dengan Xpander, tapi pasar atau pembelinya sampai saat ini masih ada. Karena itu, secara ketersediaan unit juga terjaga dengan baik.

Baca juga: Chery Omoda 5 Diskon Harga Rp 65 Juta

Nissan LivinaNMDI Nissan Livina

"Kita tetap konsisten, market Indonesia itu kan MPV dan low MPV. Tujuan utama kita bukan volume, tapi bagaimana membangun kepercayaan dari calon konsumen dan memberikan kepuasan. Dari penjualan, Livina dan Serena itu 11-12, tapi secara keseluruhan masih Livina," kata Caca.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com