Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW R20 Concept, Roadster Baru dengan Mesin Boxer

Kompas.com - 27/05/2024, 10:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW Motorrad resmi memperkenalkan konsep motor terbaru dengan nama R20. Konsepnya berupa motor roadster atau naked yang dipasang mesin besar dari R18, 1.800cc dua silinder boxer.

Dikutip dari Visordown, mesin yang digunakan sepertinya menyesuaikan dengan namanya. Misal buat R18, mesinnya 1.800cc, sedangkan R20, kemungkinan bakal lebih besar kapasitasnya, 2.000cc.

Pada gambar konsep, bagian kepala silinder, belt cover, sampai pendingin oli semuanya baru. Biar makin unik, knalpotnya model lurus dengan lubang ke samping, gayanya ala cafe racer jadul.

Baca juga: BMW Tampilkan Skytop Konsep di Concours dElegance

Konsep motor BMW R20VISORDOWN Konsep motor BMW R20

Soal spesifikasi dari mesinnya memang belum diketahui dengan detail. Tapi dari kapasitasnya yang lebih besar, gaya motornya yang lebih sporty, ada kemungkinan tenaganya naik dari R18 yang 90 TK.

Detail sasis juga dibuat lebih agresif. Misal dari wheelbase yang 1.550mm, beda jauh dari R18 yang 1.731mm. Memang peruntukannya berbeda, R18 buat cruiser jarak jauh, R20 lebih pas buat dikendarai lebih lincah.

Pada bagian kaki-kaki, suspensi memakai merek Öhlins yang lebih sporty, baik di depan maupun belakang. Pada pengereman, di depan pakai kaliper enam piston dan belakang empat piston, peleknya berukuran 17 inci, di depan pakai ban berukuran 120 dan belakang 200.

Baca juga: Ganjil Genap Jakarta Kembali Berlaku di 25 Jalan Ini


Gayanya memang seperti campuran motor yang modern tapi bawa aura retro. Bahkan bisa dibilang R NineT dengan mesin yang lebih besar.

Bagian tangki, mengingatkan ke motor BMW tahun 1970-an, terasa retro. Tapi dikombinasi juga dengan beberapa komponen dari bahan CNC, kelihatan fungsional.

Jadi mari dilihat saja apakah dari konsep tersebut akan jadi kenyataan. Sebenarnya R20 cuma jadi cara BMW pamerkan basis R18 yang cukup laku di pasaran tapi dengan tampilan yang lebih sporty.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com