Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara SUV BYD Yangwang U8 Berputar 359 Derajat

Kompas.com - 25/07/2024, 16:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - BYD menjadi salah satu produsen otomotif yang mengikuti pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

BYD tak hanya membawa lini produk kendaraan terbaru, namun juga membawa sport utility vehicle (SUV) hybrid Yangwang U8.

Kehadiran Yangwang U8 cukup menarik perhatian pengunjung pameran, terlebih saat mobil tersebut melakukan atraksi dengan berputar 359 derajat (Tank Turn).

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Beli Honda Freed Bekas

Adzhar Ibrahim, Technical Support & Training BYD mengatakan, Yangwang U8 disematkan teknologi e4 yang membuat mobil bisa berputar 359 derajat. 

Dengan kemampuan berputar hingga 359 derajat, teknologi ini memberikan keunggulan signifikan dalam menghadapi tantangan parkir di area sempit atau sulit diakses.

BYD Yangwang U8 melantai di GIIAS 2024, ICE BSD, TangerangKOMPAS.com/Nanda BYD Yangwang U8 melantai di GIIAS 2024, ICE BSD, Tangerang

Salah satu teknologi pada e4 adalah Motor Independent Drive untuk menggerakkan setiap roda ditenagai oleh motor listriknya sendiri.

Ini yang membuat perbedaan rotasi ban antara sisi kiri dan kanan, hal inilah yang bisa membuat mobil bisa berputar dengan smooth (halus).

Teknologi Tank Turn pada E-4 platform yang diterapkan BYD Yangwang U8 memungkinkan kendaraan dengan berat 3,4 ton untuk melakukan manuver dengan mudah, termasuk saat parkir.

Adapun untuk cara mengoperasikannya cukup mudah, di mana pemilik kendaraan cukup masuk ke fitur tank turn. Kemudian, terdapat layar yang memperlihatkan kondisi kendaraan di sekitar.

“Pemilik kendaraan bisa memilih sudut putaran tidak harus 359 derajat. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kecepatan, maksimal 10 Km per jam kecepatannya,” kata Adzhar.

Baca juga: Harga Mobil Hybrid yang Pas buat Orang Indonesia, di Bawah Rp 400 Juta

Bicara soal spesifikasi, Yangwang U8 menggunakan mesin 2.000cc turbo yang dipadukan dengan baterai 49,5 kWh. Tenaganya disalurkan ke empat motor listrik yang masing-masing menghasilkan 220 kW, jadi total 880 kW atau sekitar 1.180 TK dan torsi 1.280 Nm.

Hasilnya, performa dari U8 bisa berakselerasi 0-100 Kpj dalam 3,2 detik. Kecepatan maksimal sayangnya dibatasi cuma 200 Kpj. Selain itu, SUV ini juga unik, bisa melaju di atas air, walau perlahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau