Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dani Pedrosa Pilih Motor MotoGP Versi Lama

Kompas.com - 29/04/2024, 14:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dani Pedrosa baru saja menjalankan tugasnya sebagai pebalap tes dengan menjadi wildcard pada MotoGP Spanyol 2024 di Sirkuit Jerez. Sia berharap motor MotoGP bisa seperti dulu lagi.

Motor MotoGP saat ini semakin canggih. Tidak hanya banyak perangkat aerodinamis yang disematkan, tapi elektronik juga punya peran penting dalam menentukan performa motor.

Baca juga: Pedrosa Naik Podium MotoGP Spanyol karena Quartararo Kena Penalti

Sebagian pebalap, khususnya senior, seperti Casey Stoner, Aleix Espargaro, dan Dani Pedrosa, berharap motor MotoGP bisa seperti dulu lagi, yakni dengan sedikit bantuan elektronik dan perangkat aerodinamis.

Dani Pedrosa saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2024Dok. @26_danipedrosa Dani Pedrosa saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2024

Mulai musim 2027, MotoGP akan menggunakan regulasi baru. Regulasi ini akan mengurangi kecepatan maksimum motor dengan alasan keamanan. Pedrosa pun sepertinya setuju dengan regulasi terbaru itu.

"Jika saya bisa memilih, saya akan mengurangi (perangkat) aerodinamis. Lebih sedikit perangkat dan alat bantu pengendara berarti talenta balap sekali lagi akan dituntut lebih besar," ujar Pedrosa, dikutip dari Speedweek.com, Senin (29/4/2024).

Baca juga: Aksi Pedrosa Geber KTM RC16 di Permukaan Es, Pakai Ban Paku

Dani Pedrosa saat berlaga pada MotoGP San Marino 2023Dok. @ktmfactoryracing Dani Pedrosa saat berlaga pada MotoGP San Marino 2023

Salah satu perubahan spesifikasi dalam regulasi tersebut adalah menurunkan kapasitas mesin. Motor MotoGP sekarang memiliki kapasitas 1.000 cc, dan regulasi baru akan diturunkan menjadi 850 cc.

Dengan adanya perubahan regulasi ini, diharapkan juga akan ada pabrikan atau produsen motor lainnya yang ikut berkompetisi. Sejauh ini, dikabarkan bahwa BMW Motorrad tertarik untuk ikut bersaing di MotoGP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com