Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setop Balapan, Pol Espargaro Bantu Pedrosa Jadi Test Rider KTM

Kompas.com - 06/12/2023, 17:52 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Motorsport

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim depan Pol Espargaro terdepak dari GasGas Tech3 dan digantikan oleh Pedro Acosta. Meski demikian pebalap asal Spanyol itu tersebut tetap berada di MotoGP dengan menjadi test rider KTM.

Pol akan berkerjasama dengan Dani Pedrosa untuk mengembangkan motor KTM RC16, yang juga digunakan oleh GasGas Tech3.

Baca juga: Bocoran Mobil Baru Honda yang Meluncur Besok

Meski tidak lagi aktif balapan, Pol akan tetap punya kesempatan balapan lagi MotoGP lewat jalur wildcard. Apalagi setelah aturan konsesi baru berlaku, KTM punya jatah enam kali wildcard.

Pol Espargaro mengalami kecelakaan fatal saat sesi latihan bebas FP2 MotoGP Portugal hingga mengalami banyak patah tulangDok. The-race.com Pol Espargaro mengalami kecelakaan fatal saat sesi latihan bebas FP2 MotoGP Portugal hingga mengalami banyak patah tulang

Pol Espargaro yang merupakan Juara Dunia Moto2 2013 harus hengkang dari GasGas Tech3 karena performanya menurun pada 2023. Musim lalu, Pol mengalami kecelakaan hebat yang membuatnya mesti istirahat total.

“Itu sangat emosional, sangat sulit untuk mengendalikannya. Ini adalah awal dari penyelesaian. Ini adalah awal dari akhir. Aku merasa satu bab dalam hidupku hari ini akan berakhir," kata Pol dilansir dari Motorsport, Rabu (6/12/2023).

“Tidak apa-apa kalau saya akan balapan, tapi ini akan menjadi sesuatu yang berbeda. Tentu saja, saya akan mencoba untuk menjadi kompetitif, saya akan mencoba memulihkan diri dari kecelakaan karena saya masih lemah," ujarnya.

Baca juga: Pemutihan Pajak Kendaraan di Sulawesi Selatan Berlaku sampai 29 Desember 2023

Pedro Acosta mendapat hadiah sepeda motor Triumph Street Triple RS 765.Foto: GPOne Pedro Acosta mendapat hadiah sepeda motor Triumph Street Triple RS 765.

“Tapi mudah-mudahan di masa depan saya bisa melakukan balapan bagus seperti yang dilakukan Dani, mempersiapkannya dengan cara yang benar dan menjadi kompetitif,” kata Pol.

Pol pertama kali terjun ke MotoGP pada 2014. Dia pernah membalap di Tech3 Yamaha, KTM, Honda dan kemudian kembali ke skuad GasGas Tech3 yang didukung KTM pada musim 2023.

Pol mengalami cedera serius saat latihan di GP Portugal yang membuatnya absen hingga GP Inggris pada bulan Agustus. Pol bahkan mengatakan, akibat kecelakaan itu tinggi badannya jadi lebih pendek dari sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com