Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Canggihnya Dani Pedrosa, Bisa Gambar Kurva Daya Motor

Kompas.com - 26/12/2023, 09:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Motorsport

JAKARTA, KOMPAS.com - Sukses KTM di MotoGP tidak lepas dari campur tangan Dani Pedorsa. Mantan pebalap Repsol Honda tersebut memberikan masukan serius buat pengembangan motor.

Esteban Garcia, manajer teknis tim pengujian KTM, memberikan pujian setinggi langit buat Pedrosa yang menurutnya sangat peka terhadap ubahan dan masalah kecil pada motor.

Baca juga: Apa Benar Mobil FWD Lebih Mudah Melibas Tanjakan?

"Suatu hari mereka (mekanik) telah mengubah setingan di suspensi, mereka tidak menceritakan apa pun kepadanya tapi Dani Pedrosa merasakannya," kata Garcia dilansir dari Motorsport, Selasa (26/12/2023).

Dani Pedrosa saat berlaga pada MotoGP San Marino 2023Dok. @ktmfactoryracing Dani Pedrosa saat berlaga pada MotoGP San Marino 2023

Saya berpikir bahwa semua ini, mungkin, apa yang telah dilakukannya lebih besar dari yang sebenarnya. Tapi kenyataannya memang demikian. Misalnya, ketika kami mencoba mesin baru, Dani dapat menggambar kurva daya," katanya.

Garcia mengatakan, usai menguji motor Pedrosa mampu menggambarkan secara jelas kurva daya motor. Bukan hanya secara lisan namun digambar di atas kertas.

"Kemudian Dani mengambil kertas dan menarik kurva daya. Dan Anda bertanya -tanya bagaimana mungkin dia merasakannya, karena berkali-kali di MotoGP mereka dibatasi oleh elektronik," ujarnya.

Dani Pedrosa saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2023 di Sirkuit JerezDok. @26_danipedrosa Dani Pedrosa saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2023 di Sirkuit Jerez

"Itu hanya bisa dilakukan jika menjadi pebalap yang sangat bagus, Anda tidak dapat memiliki kesalahan, Anda tidak mampu untuk lelah di motor," ujarnya.

"Dani Pedrosa harus sangat baik ketika mengembangkan agar motor gesit, mudah dikendarai, bersama bakat alami yang ia miliki, mereka telah menciptakan superbomba (motor kencang) ini," ujarnya.

"Beberapa di pabrik menyebutnya 'Alien' karena bukan dari planet ini. Dia merasakan hal -hal yang tidak terlihat dalam data," kata Garcia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com