Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedrosa Menang Banding, Otoritas Pajak Spanyol Ganti Rp 40 Miliar

Kompas.com - 07/12/2023, 11:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Crash.net


JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap uji KTM, Dani Pedrosa akan mendapat ganti rugi dari otoritas kantor pajak Spanyol. Pedrosa memenangkan gugatan pajak yang dilakukannya pada masa 2005-2006.

"The Little Samurai" dipaksa membayar sejumlah pajak penghasilan pada periode 2005-2006, karena pada saat itu mantan pebalap Repsol Honda tersebut dianggap tinggal dan menetap di Spanyol.

Baca juga: Update Harga Motor Sport 150 cc per Desember 2023

Namun, menurut Pedrosa saat itu dia tinggal di Inggris sehingga dia tak perlu bayak pajak di Spanyol. Pedrosa kemudian mengajukan banding dan kini telah disahkan oleh pengadilan nasional Spanyol.

Dani Pedrosa balapan pada Lamborghini Super Trofeo Grand Final menggunakan Lamborghini Huracán Super Trofeo EVO2Dok. Speedweek.com Dani Pedrosa balapan pada Lamborghini Super Trofeo Grand Final menggunakan Lamborghini Huracán Super Trofeo EVO2

Dengan kemenangannya, otoritas pajak Spanyol harus memberikan ganti rugi 2.418.373 euro atau sekitar Rp 40 miliar termasuk bunga sebesar 600.000 euro atau Rp 10 miliar kepada Pedrosa.

Pengacara Pedrosa mengatakan, keputusan terbaru ini masih dapat diajukan banding. Adapun ini merupakan banding keempat yang berhasil dilakukan Pedrosa pada otoritas pajak Spanyol, semuanya berkaitan dengan periode yang berbeda.

“Tentu saja Dani Pedrosa sangat puas dengan kesimpulan dari proses tersebut, yang menunjukkan bahwa dia tidak pernah berbohong tentang domisili pajaknya, seperti yang ditegaskan oleh Badan Pajak,” kata pengacara dilansir dari Crash, Kamis (7/12/2023).

“Namun, Pedrosa juga mengingat kejadian yang sangat tidak menyenangkan ini,” katanya.

Baca juga: Lihat Deretan Motor Baru di Thailand International Motor Expo 2023

Ducati pernah melirik Dani Pedrosa untuk dijadikan pebalapnyaDok. Speedweek.com Ducati pernah melirik Dani Pedrosa untuk dijadikan pebalapnya

Otoritas pajak Spanyol memang dikenal aktif memburu para atlet untuk membayar pajak. Salain Pedrosa, pebalap lain yang juga pernah tersangkut masalah pajak ialah juara dunia MotoGP tiga kali Jorge Lorenzo.

Tak heran jika banyak pebalap MotoGP, termasuk pebalap dari Spanyol yang menetap di Andora, negara mungil yang terletak di Pegunungan Pyrenees yang populer di kalangan komunitas MotoGP.

Saat ini ada delapan pebalap aktif yang memilih tinggal di Andorra dan mayoritas asal Spanyol, mulai dari Joan Mir, Maverick Vinales, Aleix Espargaro, Pol Espargaro, Alex Rins, Jorge Martin, Fabio Quartararo, dan Jack Miller.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com