Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/05/2023, 07:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang balap mobil listrik Formula E 2023 bakal digelar di Jakarta, tepatnya pada 3-4 Juni 2023 di sirkuit buatan yang berlokasi di Ancol, Jakarta Utara.

Berbeda dari Jakarta E-Prix 2022, di mana balapan hanya digelar satu hari saja, yakni pada hari Sabtu. Kini dalam kalender Formula E 2023, Jakarta akan menggelar dua kali balapan, yaitu pada 3 Juni dan 4 Juni 2023.

Ketua Panitia Pelaksana Jakarta E-Prix 2023 Ananda Mikola menjelaskan, salah satu faktor yang membuat balapan Formula E diselenggarakan selama dua hari di Jakarta lantaran Indonesia memiliki market yang sangat besar. Sehingga, tak sedikit orang luar negeri yang ingin membuat event atau gelaran di Indonesia.

Baca juga: Smoot Motor Kasih Subsidi Khusus Selama Pembelian di PEVS 2023

“Kalau saya melihat salah satunya market di Indonesia itu besar. Orang luar negeri untuk datang ke indonesia dan buat event di sini sesuatu yang dia inginkan juga. Karena market kita besar, kita punya hampir 280 juta penduduk,” ucap Ananda, saat ditemui Kompas.com di Jakarta Pusat, Rabu (17/5/2023).

Ilustrasi pit lane balap Formula E.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Ilustrasi pit lane balap Formula E.

“Selain itu, balapan tahun ini juga diharapkan bisa menjadi barometer di Indonesia agar suatu hari punya manufacture sendiri, serta menjadi momen transfer teknologi,” lanjutnya.

Meski begitu, Ananda melanjutkan, keputusan untuk menggelar Formula E Jakarta selama dua hari juga memiliki berbagai tantangan.

“Ini juga menjadi menantang, karena kita tidak biasa balapan dua hari. Bagaimana kita bisa akomodir penonton agar bisa balik dua hari itu,” kata Ananda.

Baca juga: Volta Buka Pemesanan Motor Listrik Subsidi, Dijual Rp 9,95 Juta

“Selain itu, lokasi balapan yang cukup panas juga jadi tantangan sendiri untuk kita yang bekerja di sana. Seperti marshal-marshal kita dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore, tantangannya lebih ke fisik,” ucap Ananda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com