Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volta Buka Pemesanan Motor Listrik Subsidi, Dijual Rp 9,95 Juta

Kompas.com - 18/05/2023, 18:04 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Volta menjadi salah satu peserta pada ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023. Pada kesempatan tersebut, Volta sekaligus menghadirkan program motor listrik bersubsidi.

Seperti yang diketahui, Volta menjadi merek yang bisa mendapatkan subsidi dari pemerintah, sebesar Rp 7 juta. Mulai pada pameran kali ini, Volta secara resmi menjalankan program tersebut.

Pada booth Volta, disediakan QR code untuk mengecek apakah konsumen berhak mendapatkan subsidi atau tidak. Memang, subsidi tersebut menarik, tapi memang ada syarat yang harus dipenuhi.

Baca juga: Penjualan Motor Listrik Volta Naik Usai Dapat Insentif

Volta Indonesia di PEVS 2023KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Volta Indonesia di PEVS 2023

Untuk mendapatkan subsidi pembelian motor listrik, syarat penerima bantuan di antaranya adalah penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR) atau penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau penerima Bantuan Subsidi Upah atau penerima Subsidi Listrik sampai dengan 900 VA.

Melalui QR tersebut, konsumen diarahkan ke website resmi Volta (https://voltaindonesia.com/subsidi), dan mengisi data diri. Apabila NIK memenuhi syarat untuk mendapatkan subsidi, pihak Volta akan memberikan informasi dan selanjutnya melakukan konfirmasi kepada calon pembeli.

Untuk saat ini, program subsidi baru berlaku untuk Volta 401 Reguler, harga yang semula Rp 16,95 juta jadi Rp 9,95 juta, sudah dipotong Rp 7 juta. Volta 401 Reguler memiliki TKDN sebesar 47,36 persen.

Baca juga: Ganjil Genap di Jalur Puncak Berlaku Mulai Hari Ini

Tak berhenti di sini, Volta juga terus berusaha meningkatkan TKDN untuk tipe motor Volta lainnya, sehingga dapat memenuhi syarat insentif kendaraan listrik.

Dilengkapi teknologi IoT (Internet of Things) terdepan dan fitur modern yang memberikan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Volta 401 Reguler juga didukung dengan dua slot baterai sehingga dapat menempuh jarak sejauh 120 Km.

Selain itu, pemilik motor juga bisa melakukan penukaran baterai di hampir 300 titik stasiun Sistem Ganti Baterai (SGB) maupun melakukan charging pada Stasiun Charging Baterai (SCB) yang tersedia.

Volta Indonesia di PEVS 2023KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Volta Indonesia di PEVS 2023

Saat ini program pembayaran dengan cicilan multifinance dan bank juga telah tersedia untuk produk Volta non subsidi maupun subsidi. Sehingga, pembeli dapat menikmati opsi pembayaran cicilan ringan yang memudahkan.

Lalu, bagi pembeli motor Volta di PEVS, bisa mendapatkan free voucher fast charging SCB sebanyak 200 kali selama satu tahun. Jadi pengendara bisa mengecas baterainya di SCB secara gratis dan cepat.

Pada booth yang terletak di Hall A JIExpo Kemayoran, dipamerkan juga produk Volta lain seperti Virgo dan mandala. Selain itu, ditawarkan varian seperti Lite, Reguler, dan S untuk setiap model, membedakan jenis dan jumlah baterai.

Iwan Suryaputra, Chief Executive Officer Volta mengatakan, Volta hadir di PEVS 2023 dengan tujuan untuk memperkenalkan motor listrik yang didukung teknologi, infrastruktur terdepan, dan berbagai keunggulan kepada masyarakat.

"Di ajang ini, Volta juga menjalankan program motor listrik bersubsidi. Volta telah mempersiapkan diri dari berbagai segi, mulai dari kapasitas produksi hingga memastikan cara pemesanan yang mudah bagi masyarakat," ucap Iwan dalam siaran resmi yang Kompas.com dapatkan, Kamis (18/5/2023).

"Volta berkomitmen untuk memberikan pengalaman pembelian yang mudah, nyaman, serta aman bagi pengunjung. Harapannya, melalui subsidi ini akan turut mendorong adopsi motor listrik di masyarakat Indonesia,” ucap Iwan.

Jahja Suryandy, Managing Director PT M Cash Integrasi Tbk. mengatakan, pihaknya memandang optimis program subsidi ini akan menjadi katalisator dalam mendorong adopsi motor listrik di Indonesia.

Volta Indonesia di PEVS 2023KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Volta Indonesia di PEVS 2023

"Kami menyadari bahwa adopsi motor listrik tidak hanya membutuhkan kendaraan yang inovatif, tetapi juga memerlukan infrastruktur yang dapat mendukung kenyamanan penggunaan," kata Jahja.

"Oleh karena itu, Grup gencar memperkuat seluruh elemen ekosistem di segmen produk dan layanan energi bersih. Ini adalah langkah konkret yang kami ambil untuk menciptakan masa depan lingkungan yang lebih berkelanjutan,” tambah Jahja.

Senantiasa mengedepankan pengembangan teknologi dan inovasi pada setiap produknya, baru-baru ini Volta juga berhasil meraih penghargaan Silver Champion untuk kategori Electric Motorcycle sebagai brand motor listrik yang dipercaya masyarakat Indonesia di ajang WOW Brand Festive Day 2023 (12/5/2023).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com