Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/01/2023, 16:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Ducati mengumumkan bahwa mereka telah memulai produksi motor listrik buat balapan MotoE pada 16 Januari yang lalu.

Dilansir dari Response (23/1/2023), mulai tahun ini Ducati akan menjadi satu-satunya pemasok kendaraan resmi balapan MotoGP FIM Enel MotoE World Cup.

Kabarnya, Ducati akan memasok mesin untuk MotoE World Cup selama empat musim mulai 2023.

Baca juga: Ini Daftar Bus AKAP yang Punya SPBU Sendiri

Motor listrik buat MotoE, Ducati V21LDok. Response Motor listrik buat MotoE, Ducati V21L

Sebanyak 23 unit mesin diperkirakan akan selesai produksinya pada pertengahan Februari mendatang. Selain 18 unit mesin yang akan ikut serta dalam lomba tersebut, akan diproduksi 5 unit mesin cadangan.

Setiap prototipe mesin berkode V21L dirakit oleh teknisi ahli dari departemen balap MotoE Ducati dengan keahlian dan kepresisian detail yang sama tingginya dengan motor MotoGP.

Tes pertama dengan pembalap dan tim MotoE dijadwalkan pada 6-8 Maret di Jerez, diikuti oleh tiga hari pengujian pada 3-5 April di Montmelo, Barcelona.

Baca juga: Kencan Singkat dengan Nissan Terra, Penantang Pajero dan Fortuner

Rencananya, motor listrik ini melakukan debut balapannya di Grand Prix Perancis pada 13 Mei. Setelah debutnya di Perancis, motor ini akan ambil bagian dalam semua balapan MotoE di Eropa.

Di atas kertas, Ducati V21L menghasilkan output maksimum 150 PS atau setara 148 Tk dan torsi maksimum 14,3 kgm atau setara 140 Nm.

Dengan bobot 21 kg, motor ini memiliki kecepatan maksimum 275 kpj yang dicapai selama uji coba di sirkuit Mugello di Italia.

Baca juga: Anak PM Malaysia Dihalangi Pengemudi Lane Hogger di Jalan Tol

Motor listrik Ducati V21LPAULTAN.org Motor listrik Ducati V21L

Selain itu, motor listrik ini mengusung inverter berperforma tinggi dengan bobot 5 kg. Sementara baterai berbobot 110 kg dan memiliki kapasitas penyimpanan 18 kWh.

Ducati MotoE bisa langsung terisi daya begitu masuk pit, dan baterai bisa terisi hingga 80 persen dalam waktu sekitar 45 menit.

Dari segi sasis, bagian belakang menggunakan swingarm alumunium 4,8 kg dengan bentuk mirip dengan Ducati Desmosedici yang berlaga di MotoGP.

Sementara subframe belakang, yang menyatukan ekor dan jok pengendara, terbuat dari serat karbon. Sedangkan berat total Ducati MotoE ditetapkan sebesar 225 kg.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.