Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kencan Singkat dengan Nissan Terra, Penantang Pajero dan Fortuner

Kompas.com - 22/01/2023, 16:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nissan Terra facelift penantang Toyota Fortuner, Pajero Sport dan Isuzu MU-X, bakal meluncur di pasar Indonesia dalam waktu dekat.

Sebelum peluncuran resminya, tim redaksi otomotif Kompas.com berkesempatan untuk menjajal produk baru itu di kawasan Pantai Indah Kapuk secara singkat.

Ketika pertama kali duduk di jok pengemudi, kursi terasa empuk dan cukup tebal sehingga membuat posisi duduk cukup nyaman.

Pengaturan kursinya sudah elektrik untuk maju-mundur, menyetel ketinggian, dan juga sudut sandaran cukup dengan menggeser tombol.

Baca juga: Balap Liar Street Race di Kemayoran Kembali Digelar, Catat Tanggalnya

Kemudi dibalut dengan bahan semi-leather, lengkap dengan tombol audio steering switch. Sayangnya, pengaturan setir hanya tilt saja dan belum teleskopik.

Tak berlama-lama, langsung menginjak pedal gas usai posisi berkendara disesuaikan dan mengenakan sabuk pengaman. Meski bodinya bongsor, namun ternyata cukup responsif.

Nissan Terra faceliftKompas.com/Nanda Nissan Terra facelift

Diketahui, mobil ini dibekali dengan mesin diesel berkapasitas 2.500 cc yang mampu menghasilkan tenaga 190 tk pada 450 Nm. Tenaga tersebut dikawinkan ke roda melalui sistem transmisi tujuh percepatan.

Putaran tenaga bawahnya cukup terasa saat tuas transmisi diletakan pada posisi D dan rem pedal dilepaskan. Raungan khas mesin diesel langsung begitu terdengar di kabin.

Untuk kemudi, tidak bisa dibilang ringan. Namun, ini menjadi keuntungan bagi Anda ketika keluar kota, karena bobot setir terasa lebih mantap pada kecepatan tinggi.

Soal visibilitas, dengan tinggi badan 168 cm cukup terbatas untuk melihat ujung kap mesin. Ditambah lagi, dimensi Nissan Terra yang terbilang cukup tinggi.

Untuk pandangan ke belakang sudah cukup baik, terlebih lagi dengan adanya smart rear view mirror. Kaca spion atas di kabin bisa melihat objek yang ada di belakang mobil ini dengan kamera yang terpasang di pintu belakang mobil.

Kencan singkat dengan Nissan TerraKompas.com Kencan singkat dengan Nissan Terra

Jadi ketika mobil dalam kondisi penuh penumpang, membuat pandangan ke belakang mobil jadi tidak terhalang. Fitur ini sama seperti spion pintar yang terdapat di Suzuki XL7.

Bicara soal kekedapan kabin mobil ini juga terbilang cukup baik, meski suara dari luar samar-samar masih terdengar.

Mobil ini dibekali dengan fitur bernama Shift On-The-Fly 4x4. Jadi terdapat kenop putar di bawah pengaturan AC untuk pengemudi mengatur penggerak 2WD atau 4WD.

Pengaturan ini dapat dipindah saat mobil melaju di kecepatan rendah, bahkan tim Nissan menyarankan untuk menghentikan kendaraan terlebih dahulu jika ingin mengganti fitur tersebut.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com