Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Daftar Bus AKAP yang Punya SPBU Sendiri

Kompas.com - 23/01/2023, 07:12 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan otobus (PO) saat ini tidak hanya bersaing dalam layanan bus AKAP saja, namun juga memberikan pelayanan lainnya.

Contohnya seperti bisnis SPBU yang dimiliki oleh beberapa PO dalam memperkuat bisnis dan juga mempermudah operasional dari armada milik PO tersebut. 

Berikut beberapa bus AKAP yang punya layanan SPBU yang telah Kompas.com rangkum: 

 

1. PO Haryanto

Bus PO Haryanto buatan Karoseri Trijaya UnionDOK. TRIJAYA UNION Bus PO Haryanto buatan Karoseri Trijaya Union

PO yang baru-batu ini viral lantaran pemecataran Rian Mahendara ternyata punya SPBU sendiri. Bus AKAP yang didirikan Haji Haryanto pada 2002 bahkan bisa menghasilkan Rp 20 jt perbulan pada salah satu konten Youtube Rian.

SPBU tersebut terletak di Jalan Raya Pantura Jenarsari, Kendal, Jawa Tengah. Artinya, meski hanya punya satu, unit bisnis SPBU memperkuat pengahasilan dari PO asal Kudus, Jawa Tengah tersebut. 

Baca juga: Arus Lalin Padat, Ganjil Genap dan One Way di Puncak Bogor Berlaku Sampai Besok

2. PO Sumber Alam

Bus Sumber Alam, salah satu bus yang melayani trayek Jakarta-Cilacap Shutterstock/Ikhsan Wibowo Bus Sumber Alam, salah satu bus yang melayani trayek Jakarta-Cilacap

PO Sumber Alam menjadi bisnis layanan bus AKAP yang juga mempunyai SPBU sendiri. SPBU milik perushaaan otobus asal Purworejo itu juga hadir untuk memenuhi kebutuhan bus dan masyarakat umum.

Untuk lokasi SPBU Sumber alam yaitu di Jln. Diponegoro, Kutoarjo persis disamping Pool Pusat Sumber Alam Kutoarjo. Kemudian, SPBU ini mempunyai sertifikasi khusus Pasti Pas dalam hal pelayanan dari Pertamina.

 

3. PO Rosalia Indah


Bus AKAP baru PO Rosalia IndahDOK. ADIPUTRO Bus AKAP baru PO Rosalia Indah

Terakhir ada PO Bus Rosalia Indah sebagai bus AKAP  yang mempunyai SPBU sendiri. Bukan hanya satu, SPBU Rosalia Indah tersebar di Pulau Jawa sampai dengan Pulau Sumatera.

PO Bus Rosalia sendiri terkenal dengan layanan bus premium atau kelas eksekutif non-ekonomi dengan pramugari.  Bukan hanya SPBU, PO ini juga melebarkan bisnis dalam PT Rosalia Express, Ros-In Hotel Yogyakarta, Rumah Makan dan Rest Area Rosin Subang, Rumah Makan dan Rest Area Rosin Pemalang, RosinMart, Rosin Laundry, Restoran Sederhana dan air minum dalam Kemasan UTRA. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com