Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segini Gaji Minimal Anda buat Kredit Mobil Baru Kelas LCGC

Kompas.com - 23/01/2023, 13:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki mobil menjadi salah satu impian bagi sebagian orang yang baru saja bekerja selepas lulus dari perguruan tinggi alias fresh graduate.

Terutama bagi mereka yang berdomisili di pinggiran kota, mempunyai mobil tentu menjadi pilihan saat akses transportasi umum sulit dijangkau.

Di sisi lain, memiliki mobil bisa menciptakan rasa bangga bagi orang tua, karena ada pandangan umum bahwa memiliki mobil sama artinya dengan kesuksesan.

Baca juga: Pertama Kali Coba Ducati, Catatan Waktu Alex Sontak Lebih Baik

Namun, dilema dalam mencapai hal tersebut adalah, apakah mereka bisa membeli mobil baru dengan penghasilan bulanan yang mungkin saat ini berada di kisaran Rp 5 juta hingga Rp 7 jutaan?

Perencanaan Keuangan dari OneShildt Financial Planning Budi Raharjo mengatakan, untuk fresh graduate yang ingin memiliki mobil sebaiknya membeli mobil bekas dengan cara tunai atau cash.

“Untuk yang masih fresh graduate dengan penghasilan misalnya Rp 6 juta sampai Rp 7 juta lebih baik membeli kendaraan secara tunai mobil bekas terlebih dahulu,” ucap Budi saat dihubungi Kompas.com, Senin (23/1/2023).

Ilustrasi mobil. Pelaku balap liar di Solo telah diamankan polisi. Pelaku kemudian meminta maaf dan mengaku menyesal.Shutterstock Ilustrasi mobil. Pelaku balap liar di Solo telah diamankan polisi. Pelaku kemudian meminta maaf dan mengaku menyesal.

“Jangan terlalu memaksakan membeli mobil apalagi jika ternyata dampak dari membeli mobil hanya akan menambah pengeluaran untuk perawatan dan pajak,” lanjutnya.

Budi melanjutkan, para fresh graduate juga perlu mengingat bahwa mobil merupakan salah satu aset yang terdepresiasi. Sehingga disarankan bagi mereka yang ingin membeli harus memastikan bahwa aset tersebut memiliki dampak yang positif bagi keuangan.

“Ingat bahwa secara umum kendaraan adalah aset yang terdepresiasi. Jadi pastikan bahwa manfaat dari membeli mobil ini dapat berdampak positif baik bagi pengeluaran (menghemat) atau pemasukan (misalnya operasional untuk bekerja atau usaha),” kata dia.

Namun bagi Anda yang memiliki penghasilan kisaran Rp 9 juta sampai Rp 10 juta, bisa membeli mobil baru dengan kisaran harga Rp 100 jutaan sampai Rp 200 jutaan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.