Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menarik untuk Disimak Tren Livery Bus AKAP di Indonesia Tahun 2023

Kompas.com - 23/01/2023, 12:39 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Bus antar kota antar provinsi (AKAP) di Indonesia biasanya punya ciri khas dan keunikan tersendiri dari setiap perusahaan otobus (PO).

Bahkan secara tampilan, bus AKAP dari setiap PO akan berbeda-beda satu sama lainnya. Bagi pecinta bus, tampilan tersebut biasanya disebut dengan livery. Secara pengertian, yakni suatu ornamen, bentuk atau pola tertentu yang menempel pada bodi bus.

Lantas bagaimana perkembangan tren livery bus AKAP di 2023 ini?

Baca juga: Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengguna Mobil Transmisi Matik

Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan jika saat ini livery bus berkembang lebih modern yang mana jadi lebih simpel namun tetap tidak meninggalkan ciri khas dari PO.

“Untuk livery bus 2023, saat ini PO lebih membuat livery yang futuristik dan kesan elegan untuk menambah daya tarik dan daya jual ke pengguna bus,” kata Werry kepada Kompas.com, Senin (23/1/2023).

Bus AKAP baru PO NPM dengan livery spesial, buatan Karoseri AdiputroDOK. ADIPUTRO Bus AKAP baru PO NPM dengan livery spesial, buatan Karoseri Adiputro

Menurut Werry, hingga saat ini masih ada juga operator yang mempertahankan design livery eksisting mereka untuk memperlihatkan konsistensi branding perusahaan. Maka dari itu, tren untuk livery masih bergantung pada keinginan dari PO ingin melakukan ubahan apa saja.

Senada dengan hal tersebut, David Jethrokusumo, Direktur PT Adiputro Wirasejati mengatakan jika di Indonesia sendiri untuk livery tidak ada tren.

Jika ada ubahan yang dilakukan, biasanya berdasarkan keinginan dari PO yang mana tidak bisa ditentukan kapan ubahan itu terjadi.

Baca juga: Punya Peran Vital pada Mesin, Pengguna Kendaraan Harus Jeli Pilih Oli Asli

Livery itu tidak ada trendnya karena livery itu identitas masing - masing PO. Jadi mereka punya masing-masing kreasi,” kata David kepada Kompas.com, Senin (23/1/2023).

Oleh karena itu, tidak bisa diprediksi apakah dalam setahun akan ada ubahan livery bus atau tidak dari setiap PO.Bahkan, David juga mengatakan jika ada PO yang lebih dari satu tahun sama sekali tidak melakukan ubahan livery.

“Tidak tentu. Pada dasarnya untuk merubah livery bus suka-suka dari pemiliknya. Jadi kalau ditanya untuk tren livery bus itu seperti apa, maka akan acak sekali,” kata David.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.