Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Wajib yang Harus Ada di Mobil Balap Modifikasi

Kompas.com - 03/01/2023, 17:12 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Banyaknya pebalap mobil yang tewas di luar lintasan karena kecelakaan, menandakan bahwa segala sesuatu bisa terjadi meski mobil-mobil balap sudah didesain dengan berbagai fitur keselamatan.

Fitur-fitur tersebut rupanya juga disematkan pada mobil-mobil balap modifikasi karena memang pada dasarnya mobil balap membutuhkan keamanan khusus.

Lantas, apa saja fitur keselamatan pada mobil balap modifikasi?

Baca juga: Butuh Piston Khusus untuk Modifikasi Mobil Balap

Mobil balap konsep Nissan Z dengan bahan bakar karbon netral atau Carbon Neutral Fuel (CNF)Dok. Motor1.com Mobil balap konsep Nissan Z dengan bahan bakar karbon netral atau Carbon Neutral Fuel (CNF)

Pemilik Sar Speed Solo Anugerah Rio, mengatakan mobil-mobil modifikasi yang diperuntukkan untuk ajang balap membutuhkan fitur keselamatan khusus, berbeda dengan mobil harian.

Fitur keselamatan wajib pada mobil balap modifikasi salah satunya rollbar, sebuah rangka tambahan yang dipasang di dalam kabin guna melindungi pembalap ketika mobil terbalik,” ucap Rio kepada Kompas.com, Selasa (3/1/2023).

Dia mengatakan rollbar ini terbuat dari pipa baja melintang di beberapa titik di dalam kabin.

Baca juga: Bukan Hiasan, Apa Fungsi Lampu Bolong pada Mobil Balap?

Toyota GR Corolla dalam konsep mobil reli dipamerkan di SEMA 2022Dok. Motortrend.com Toyota GR Corolla dalam konsep mobil reli dipamerkan di SEMA 2022

“Sehingga bila mobil mengalami kecelakaan, terbalik atau terguling, yang rusak hanya bodi mobil, sementara pengemudi tetap terlindungi atau tidak tergencet dan sejenisnya,” ucap Rio.

Dia mengatakan untuk hasil keselamatan yang optimal, rollbar disandingkan bersamaan dengan harness seat belt.

“Harness seat belt ini berbeda dengan seat belt pada mobil umumnya, ada empat titik pengikat dan banyak bagian yang membuat tubuh pengemudi tetap terikat di tempat duduk, sehingga meski mobil terbalik atau terguling tetap aman,” ucap Rio.

Baca juga: Ken Block Meninggal Dunia akibat Kecelakaan Snowmobile

Mobil pereli Musa Arjianshah mengalami kecelakaan saat Kejuaraan Nasional  Danau Toba Rally 2022 putaran pertama di kawasan Hutan Tanaman Industri Toba Pulp Lestari, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Sabtu (6/8/2022). Ryan Nirwan memimpin klasemen sementara hingga Special Stage 6.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Mobil pereli Musa Arjianshah mengalami kecelakaan saat Kejuaraan Nasional Danau Toba Rally 2022 putaran pertama di kawasan Hutan Tanaman Industri Toba Pulp Lestari, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Sabtu (6/8/2022). Ryan Nirwan memimpin klasemen sementara hingga Special Stage 6.

Dia juga mengatakan pembalap juga mengenakan racing suit yang dapat melindungi pembalap dari cidera.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.