Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/01/2023, 11:32 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kenneth Paul Block atau lebih dikenal dengan Ken Block merupakan pereli profesional. Belum lama ini, kabar duka datang dari dunia motorsport yang menyebutkan bahwa Ken Block telah tutup usia.

Sebelumnya, pria kelahiran California, Amerika Serikat, 21 November 1967, ini masih aktif di dunia balap bersama timnya, Hoonigan Racing Division. Sebelumnya, tim tersebut menggunakan nama Monster World Rally Team.

Baca juga: Ken Block Meninggal Dunia akibat Kecelakaan Snowmobile

Tidak hanya reli, banyak kompetisi olahraga yang dia ikuti, seperti skateboard, snowboard, dan motocross. Namun, yang membuat namanya tenar adalah cabang motorsport Gymkhana.

Salah satu aksi Ken Block di Gymkhana 7.You Tube Salah satu aksi Ken Block di Gymkhana 7.

Sebaliknya, gymkhana juga menjadi populer berkat kemampuan Ken Block mengendalikan mobilnya dengan teknik sideways yang juga digunakan untuk drifting.

Gymkhana semakin populer setelah Ken Block membuat belasan video seri di YouTube yang berhasil ditonton jutaan orang di seluruh dunia.

Baca juga: Andal di Aspal dan Tanah, Ken Block Meninggal di Trek Salju

Sosok Ken Block juga terkenal dengan deretan mobil Ford miliknya yang dimodifikasi untuk gymkhana. Sudah 11 tahun Ken Block mengandalkan Ford. Belum lama ini, Ken Block membuat keputusan yang mengejutkan dengan meninggalkan Ford dan beralih ke Audi.

Ken BlockDok. Motor1.com Ken Block

Ken Block memiliki seorang anak perempuan, Lia Block, yang juga mewarisi darah balapnya. Lia Block juga aktif di dunia balap reli.

Selain berkecimpung di dunia balap, Ken Block juga diketahui sebagai salah satu pendiri dari merek sepatu DC Shoes. Setelah menjual sahamnya, dia mendirikan sendiri usaha pakaian yang diberi nama Hoonigan Industries.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com