Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rifat Sungkar Geber Mitsubishi Triton di Reli AXCR

Kompas.com - 03/11/2022, 13:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mitsubishi Motors Corporation akan menjadi salah satu peserta yang siap berlaga dalam ajang Asia Cross Country Rally (AXCR).

Pada ajang ini Mitsubishi akan menerjunkan dua pebalap andalannya yang telah lulus seleksi dalam kejuaran nasional, yakni Rifat Sungkar pemenang Indonesian Sprint Rally Championship yang juga merupakan brand ambassador Mitsubishi Motors di Indonesia, serta Chayapon Yotha (Thailand), yang telah memenangkan Thailand Autocross Championship.

Kedua pebalap ini akan didukung langsung oleh Mitsubishi Motors, dan menurunkan dua unit mobil reli Mitsubishi Triton yang akan berlaga di kategori grup T1 atau sebagai prototipe kendaraan lintas alam.

Baca juga: Tanpa Anggota AISI, Penjualan Motor Listrik Sudah 28.000 unit

Sebelum turun di balapan resmi, Tim Mitsubishi Ralliart menggunakan mobil Triton telah melakukan tes uji ketahanan sejauh 1.100 km di trek balap off-road Grand Prix Motor Park di Kanchanaburi, di barat Thailand, dari 29 hingga 31 Agustus.

Dari hasil pengujian tersebut, menghasilkan input terkait pengurangan bobot serta meningkatkan karakteristik output dari mesin, untuk meningkatkan pengendalian maksimal dari pebalap dan mobil agar tetap gesit dalam melibas jalan berkelok-kelok.

Input teknis lain juga dilakukan di sektor suspensi, di mana tim teknis Mitsubishi Ralliart menambahkan dual damper baru. Diyakini telah diperhitungkan mengikuti karakter trek dan berkontribusi pada peningkatan signifikan dalam stabilitas berkendara, serta kemampuan berkendara di jalan yang kasar.

Mitsubishi Motors Corporation akan menjadi salah satu peserta yang siap berlaga dalam ajang Asia Cross Country Rally (AXCR).
Mitsubishi Mitsubishi Motors Corporation akan menjadi salah satu peserta yang siap berlaga dalam ajang Asia Cross Country Rally (AXCR).

Berkat penyesuaian yang telah dilakukan tim Ralliart saat uji coba, dinilai Rifat Sungkar memuji impresi mobil dalam pengalaman pertamanya bersama mobil reli Triton.

Rifat mengatakan, pebalap reli melewati banyak tikungan yang berbeda. Oleh karena itu, sangat penting bagi mobil reli untuk memiliki kemampuan manuver dan pengendaraan yang sangat baik seperti yang diinginkan pengemudi, dan daya tahan dan keandalan yang tinggi di jalan yang kasar.

Selain itu, Co-driver yang baik dapat menavigasi secara akurat dan cepat juga penting untuk hasil yang sukses.

“Melalui uji ketahanan, kami dapat memastikan bahwa mobil reli Mitsubishi Triton memberikan kinerja yang sangat baik dalam hal jalan kasar kelincahan dan daya tahan," ujar Rifat.

Hiroshi Masuoka, Direktur Tim Mitsubishi Ralliart menambahkan, suatu kehormatan untuk menyambut pembalap berbakat seperti mereka ke dalam tim.

“Rifat memiliki banyak pengalaman dalam reli sprint, jadi jika kami melakukan pekerjaan dengan baik sebagai tim untuk mengelola aspek jarak jauh dari reli lintas alam, dia akan memberikan kinerja yang hebat."

"Chayapon memiliki pengalaman luas dalam reli lintas alam dan meningkat setiap kali di masuk ke dalam mobil, jadi saya mengharapkan hasil yang baik darinya,” lanjutnya.

Sebagai informasi, Asia Cross Country Rally atau dikenal sebagai AXCR kembali digelar di Kawasan Thailand dan Kamboja, setelah dua tahun absen akibat pandemi Covid-19 pada tahun 2020 dan 2021.

Baca juga: 2 Pilihan Ban Baru yang Meluncur di IMOS 2022

AXCR perdana digelar pada 1996 hingga saat ini masih terus menjadi reli lintas negara yang bersertifikat FIA dan menjadi impian para pereli asia termasuk dari Indonesia.

Ajang ini sekaligus menjadi kesempatan besar untuk para pereli yang ada di kawasan Asia. Di mana AXCR menjadi langkah penting dalam menuju ajang reli terbesar yaitu Paris Dakar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com