Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Butuh Piston Khusus untuk Modifikasi Mobil Balap

Kompas.com - 31/12/2022, 11:28 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Memodifikasi mobil harian menjadi mobil kencang memang boleh-boleh saja. Namun, bila penggunaanya masih untuk harian, sebaiknya modifikasi tidak berlebihan karena itu akan membuat mobil terlalu kencang dan malah menguras isi kantong.

Nah, jika modifikasi untuk ajang balap, maka hal tersebut perlu dilakukan karena banyak sekali komponen yang bisa diubah dengan komponen khusus untuk balap. Tentu saja, dengan ubahan tersebut akan menghasilkan tenaga lebih besar.

Seperti piston salah satunya, ada piston khusus yang dipergunakan untuk modifikasi mesin. Seperti apa piston tersebut dan bagaimana cara kerjanya?

Baca juga: Gejala Ring Piston Mulai Melemah, Biasanya Knalpot Berasap Putih

Blok mesin modifikasi dengan piston khususKompas.com/Erwin Setiawan Blok mesin modifikasi dengan piston khusus

Pemilik Sar Speed Solo Anugerah Rio, mengatakan pengubahan piston dimaksudkan menambah diameter, mengubah bentuk fisik serta material yang digunakan.

“Untuk mobil-mobil yang digunakan untuk balap, penggantian piston perlu dilakukan guna menambah tenaga mesin, tapi bila modifikasi untuk mobil harian, hal itu tidak perlu dilakukan karena dampaknya akan sangat terasa,” ucap Rio kepada Kompas.com, Senin (26/12/2022).

Dia mengatakan penggantian piston dengan yang khusus bertujuan untuk mengubah rasio kompresi.

“Diameter piston pasti diubah menjadi lebih besar, sehingga akan menaikkan volumenya, selanjutnya bentuknya yang menonjol juga akan membuat rasio kompresi semakin besar,” ucap Rio.

Baca juga: Cara Sederhana Merawat Ring Piston

Tukar mesin Honda Estilo dengan mesin yang lebih besarKompas.com/Erwin Setiawan Tukar mesin Honda Estilo dengan mesin yang lebih besar

Dia juga mengatakan bahan yang digunakan pada mesin modifikasi tentu berbeda dengan yang standar.

“Mesin modifikasi butuh piston yang lebih tahan panas, sehingga materialnya berbeda dengan piston standar,” ucap Rio.

Dia juga mengatakan dari bentuk piston yang lancip ke atas juga memiliki maksud tersendiri terhadap udara yang masuk ke ruang bakar.

“Dengan bentuk piston seperti itu, diharapkan udara yang masuk akan lebih homogen karena alirannya akan memutar di ruang bakar,” ucap Rio.

Baca juga: Mengetahui Tanda-tanda Ring Piston Sudah Lemah

Dia mengatakan dengan udara yang berputar tersebut, diharapkan pembakar terjadi lebih sempurna sehingga tenaga yang dihasilkan juga lebih maksimal.

Jadi, piston khusus untuk mobil modifikasi memang sudah diperhitungkan dengan matang untuk menunjang tenaga dan kecepatan mesin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.