Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fitur Wajib yang Harus Ada di Mobil Balap Modifikasi

SOLO, KOMPAS.com - Banyaknya pebalap mobil yang tewas di luar lintasan karena kecelakaan, menandakan bahwa segala sesuatu bisa terjadi meski mobil-mobil balap sudah didesain dengan berbagai fitur keselamatan.

Fitur-fitur tersebut rupanya juga disematkan pada mobil-mobil balap modifikasi karena memang pada dasarnya mobil balap membutuhkan keamanan khusus.

Lantas, apa saja fitur keselamatan pada mobil balap modifikasi?

Pemilik Sar Speed Solo Anugerah Rio, mengatakan mobil-mobil modifikasi yang diperuntukkan untuk ajang balap membutuhkan fitur keselamatan khusus, berbeda dengan mobil harian.

“Fitur keselamatan wajib pada mobil balap modifikasi salah satunya rollbar, sebuah rangka tambahan yang dipasang di dalam kabin guna melindungi pembalap ketika mobil terbalik,” ucap Rio kepada Kompas.com, Selasa (3/1/2023).

Dia mengatakan rollbar ini terbuat dari pipa baja melintang di beberapa titik di dalam kabin.

“Sehingga bila mobil mengalami kecelakaan, terbalik atau terguling, yang rusak hanya bodi mobil, sementara pengemudi tetap terlindungi atau tidak tergencet dan sejenisnya,” ucap Rio.

Dia mengatakan untuk hasil keselamatan yang optimal, rollbar disandingkan bersamaan dengan harness seat belt.

“Harness seat belt ini berbeda dengan seat belt pada mobil umumnya, ada empat titik pengikat dan banyak bagian yang membuat tubuh pengemudi tetap terikat di tempat duduk, sehingga meski mobil terbalik atau terguling tetap aman,” ucap Rio.

Dia juga mengatakan pembalap juga mengenakan racing suit yang dapat melindungi pembalap dari cidera.

“Banyak ragam racing suit, mulai dari yang sederhana, hingga yang dilengkapi dengan airbag, intinya pembalap harus mengenakan pakaian keselamatan yang satu ini,” ucap Rio.

Dia mengatakan selain racing suit, pebalap juga wajib mengenakan helm meski berada di dalam mobil.

“Helm ini memang fitur keselamatan, meski sedang berada di dalam mobil helm menjadi fitur wajib yang harus digunakan saat balapan, baik reli, drag maupun slalom,” ucap Rio.

Jadi, itu tadi ragam fitur keselamatan pada mobil balap modifikasi yang wajib ada demi mengurangi risiko bagi pembalap saat sedang balapan.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/03/171200015/fitur-wajib-yang-harus-ada-di-mobil-balap-modifikasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke