Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenangan Rifat Sungkar bersama Ken Block

Kompas.com - 03/01/2023, 15:07 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Pereli nasional Rifat Sungkar mengenang Ken Block sebagai sosok yang inspiratif. Ken Block mampu jadi sorotan dengan mengemas tontonan balap menjadi sesuatu yang mengasikkan.

Dalam unggahannya di Instagram, Rifat yang berfoto bareng Ken Block, menyebut pria asal Amerika Serikat yang meninggal karena kecelakaan snowmobile (3/1/2023) itu, sebagai sosok yang kreatif dan inspiratif.

Baca juga: Bocoran KTM Duke 390 Terbaru, Mesin Lebih Besar dan Desain Segar

"Selamat tinggal Sahabatku. Kamu akan selalu menginspirasi dan selamanya di hati kami. Kenneth Paul Block @kblock43 21 November 1967 - 2 Januari 2023," tulis Rifat dikutip pada Selasa (3/1/2022).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Rifat Helmy Sungkar (@rifato)

 

Rifat memang beberapa kali balapan dengan Ken Block salah satunya di WRC 2012 dan di Rally America 2013. Menurut Rifat, Ken Block bisa sangat terkenal karena paham strategi komunikasi dan marketing.

"Waktu saya di WRC 2012, apa sih di atas WRC itu kan tidak ada. Tapi soal publikasi di atasnya (WRC) ada Ken Block, karena waktu WRC Sebastien Loeb, juara dunia sembilan kali jalan sendirian, tapi Ken Block bodyguard-nya empat dan semua orang wow itu Ken Block," kata Rifat kepada Kompas.com.

Rifat mengatakan, Ken Block seolah jadi barometer baru. Salah satu pendiri DC Shoes itu berhasil menggabungkan berbagai bidang balap, mulai dari reli, balap mobil, skateboard, seluncur salju, dan motorcross.

Satu hal kata Rifat yang paling mengesankan ialah semua video yang dibuat Ken Block pada dasarnya ialah iklan (endorse), tapi karena kemasannya menarik orang tidak sadar menonton sampai habis.

Baca juga: Bakat Balapan Ken Block Menurun ke Anak Perempuannya


"Jadi itu membuka wawasan baru, kalau kamu ingin melakukan sesuatu lakukan yang besar, kreatif dan baru, ini yang dia lakukan semua," kata Rifat.

"Seorang itu bisa sangat diperhatikan kalau bisa merambah informasi ke semua kalangan bukan cuma di lokasinya saja. Hal yang saya sangat salut ialah vidionya dia itu iklan. Di dunia marketing itu luar biasa," kata Rifat.

"Kalau kita dikasih iklan selalu diskip, tapi video ini kita mau nonton iklan sampai 10-15 menit, bahkan kita cari dan nikmati sampai 15 menit. Itu seperti suatu evolusi baru di dunia periklanan," ungkap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com