Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/12/2022, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ferrari 250 GT Berlinetta SWB bisa dibilang menjadi salah satu Ferrari ikonik yang ada saat ini. Mobil yang pertama kali dipamerkan pada Paris Motor show 1959, kini bereinkarnasi jadi lebih ramah lingkungan.

Dikutip dari Motor1, 250 GT Berlinetta yang punya desain cantik dengan kap mesin panjang serta atap yang landai diubah oleh Forge Design dengan sentuhan modern.

Ide awalnya adalah membangkitkan Ferrari klasik dengan sentuhan bodi serat karbon dan mesin V12 dengan bahan bakar hidrogen. Forge Design menamai mobil tersebut Competizione Ventidue.

Baca juga: Daftar Mobil Milik Lionel Messi, Ada Ferrari Klasik Tahun 1957

Reinkarnasi Ferrarti 250 GT Berlinetta oleh Forge DesignMOTOR1.COM Reinkarnasi Ferrarti 250 GT Berlinetta oleh Forge Design

Daripada memakai bensin, Competizione Ventidue memilih hidrogen sebagai bahan bakar dari mesin V12. Memang Forge Design tidak menjelaskan secara spesifik seperti apa teknologi yang disematkan, mungkin serupa dengan yang diuji coba Toyota.

Untuk sasis, dipilih dengan bahan yang ringan, yakni aluminium dan serat karbon. Begitu juga untuk bagian panel bodi, akan dipilih bahan yang ringan dan kuat, yakni carbon fibre.

Dibandingkan dengan versi 250 GT Berlinetta, Competizione Ventidue punya desain yang lebih simpel. Misal di bagian depan tidak dipasang bumper, membuat tampilan semakin bersih atau clean.

Baca juga: Menutup Kap Mesin Mobil yang Benar, Dibanting atau Ditekan?


Begitu juga pada bagian lampu, sudah diganti dengan LED agar sinarnya lebih terang. Agar membawa kesan klasik, ada tali ikat yang terbuat dari kulit untuk menahan kap mesin.

Sedangkan untuk pelek, memakai model yang terinspirasi dari Ferrari Campagno style, palang lima. Soal pengereman, Forge Design memercayai AP Racing untuk piston serta cakram.

Perlu dicatat, Forge Design masih belum membuat Competizione Ventidue. Gambar tersebut masih desain spekulasi atau render akan seperti apa reinkarnasi dari Ferrari 250 GT Berlinetta dengan sentuhan teknologi modern.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.