Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Crossover Ferrari Purosangue Resmi Meluncur, Pakai Mesin V12

Kompas.com - 15/09/2022, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ferrari akhirnya merilis crossover pertamanya yang diberi nama Purosangue. Tidak main-main, mesin V12 6.500 cc yang menghasilkan 715 TK disematkan di bawah kap mesin dan dilengkapi dengan all-wheel drive.

Dikutip dari Carscoops, Purosangue akan melawan SUV kencang lainnya seperti Aston Martin DBX, Lamborghini Urus, Bentley Bentayga, serta Rolls Royce Cullinan. Secara desain, cuma Purosangue yang bergaya crossover dengan adanya over fender.

Kalau dilihat tampilannya, Purosangue memang mengambil desain dari Ferrari Roma. Kemudian di bagian belakang bisa dilihat empat lubang knalpot serta lampu belakang yang mirip dengan 296 GTB.

Baca juga: Menjajal Buasnya Tenaga Ferrari 296 GTB Bermesin Hybrid

Ferrari PurosangueCARSCOOPS.COM Ferrari Purosangue

Pada bagian samping, ada empat pintu yang dibuka bergaya suicide door. Kabin dari Purosangue bisa diisi sampai empat orang dengan bangku bergaya bucket baik di depan maupun belakang.

Soal performa, mesin V12 6.500 cc menghasilkan 715 TK dan torsi 716 Nm. Tenaga tadi disalurkan ke empat roda dengan transmisi dual clutch delapan percepatan. Hebatnya, distribusi bobotnya 49:51, mendekati seimbang antara depan dan belakang.

Untuk bagian kabin, bisa dibilang Purosangue punya gaya desain yang berbeda. Untuk instrument cluster pengemudi, sudah full digital layaknya Ferrari terbaru. Begitu juga setir yang penuh tombol yang touch sensitive.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Motor Listrik Viar New Q1

Ferrari PurosangueCARSCOOPS.COM Ferrari Purosangue

Uniknya, di dasbor depan penumpang depan, ada layar yang ukurannya besar. Biasanya informasi mengenai mobil ditampilkan pada layar tersebut, seperti infotainment, kecepatan kendaraan, dan sebagainya.

Untuk harganya, Ferrari memang belum mengumumkan. Tapi diprediksi bisa menyentuh 400.000 Dollar Amerika atau sekitar Rp 5,9 miliar belum termasuk opsi yang dipilih dari pemesannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com