Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Mobil Hidrogen PLN di PEVS 2024

Kompas.com - 01/05/2024, 15:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan Listrik negara (PLN) ikut memeriahkan pameran khusus kendaraan listrik, Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024, yang berlangsung di JIExpo, Kemayoran, 30 April-5 Mei 2024.

Sebagai penyedia daya, booth PLN justru bisa dianggap yang paling lengkap memajang kendaraan elektrifikasi. Mulai motor listrik, motor konversi, mobil listrik sampai mobil hidrogen Hyundai Nexo.

Baca juga: Meski Baterai Lebih Kecil, Neta V-II Punya Jarak Tempuh yang Sama

Hyundai Nexo yang ada di pameran ini tampil dengan livery khas PLN dan punya branding sebagai mobil hidrogen. Bahkan logo Hyundai pun ditutup dengan stiker.

PLN ikut memeriahkan Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 membawa mobil hidrogenKOMPAS.com/Gilang PLN ikut memeriahkan Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 membawa mobil hidrogen

Seperti diketahui, mobil hidrogen sebetulnya bukan barang baru di dunia dan di Indonesia. Toyota contohnya punya Toyota Mirai yang konsep kerjanya kurang lebih sama yaitu menggunakan proses kimia menghasilkan listrik dari hidrogen.

Nexo merupakan mobil bergaya Sport Utility Vehicle (SUV) ringkas yang dipasarkan sejak 2018 untuk menggantikan Tucson FCEV.

Soal teknologi, Hyundai juga melengkapinya dengan berbagai fitur canggih. Mobil ini punya tiga tangki bahan bakar dengan kapasitas 156 liter. Jarak tempuh terjauhnya diklaim mencapai 666 Km.

Baca juga: Cara Lain Atasi Oli Mobil Berlumpur Tanpa Turun Mesin

Hyundai NexoKOMPAS.com/Gilang Hyundai Nexo

Soal dapur pacu, mobil berpenggerak roda depan ini mengusung motor listrik dengan tenaga mencapai 120 kW dan torsi 395 Nm.

Pada 2021, Hyundai Australia pernah menguji Nexo dan mencetak rekor baru, yakni menembus jarak nyaris 900 km untuk sekali pengisian dari Melbourne ke Broken Hill.

Mobil menyelesaikan perjalanan dalam 13 jam dan enam menit dengan kecepatan rata-rata 66,9 kpj.

Selain di Korea Selatan, Nexo juga dipasarkan di Amerika Serikat, Inggris, dan Australia. Harganya saat ini mulai 60.135 dollar AS hingga 63.585 dollar AS, atau sekitar Rp 939 jutaan hingga Rp 993 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com