Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbandingan Volvo B8R Terbaru dengan Mercedes Benz O 500 RS 1836

Kompas.com - 24/12/2022, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Volvo B8R dengan standar emisi Euro 5 resmi diperkenalkan di Indonesia. Sasis bus kelas premium tersebut akan bersaing langsung dengan Mercedes Benz O 500 RS 1836.

Kedua sasis tersebut bisa dibilang mengisi kelas premium karena memiliki tenaga di atas 300 TK. Selain itu, keduanya juga dilengkapi dengan sistem suspensi udara model wide, cocok untuk bodi bus Super High Decker.

Lalu bagaimana jika kedua bus dibandingkan?

Baca juga: Deretan Bodi Bus yang Meluncur dari Karoseri Sepanjang 2022

Mesin Volvo B8RKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Mesin Volvo B8R

Untuk Volvo B8R, memakai mesin Volvo D8 diesel enam silinder segaris Euro 5, menghasilkan 330 TK dan torsi 1.200 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang dengan transmisi otomatis buatan ZF.

Sedangkan untuk Mercedes Benz 1836, menggunakan mesin OM 457 LA Euro 3 Diesel enam silinder segaris. Mesin tersebut menghasilkan 360 TK dan torsi 1.600 Nm dan disalurkan ke roda belakang dengan transmisi manual enam percepatan.

Di atas kertas, spesifikasi dari Mercedes Benz 1836 jauh lebih bertenaga dan kuat. Selisih tenaganya 30 TK dan torsinya sampai 400 Nm.

Baca juga: Valentino Rossi Resmi Jadi Pebalap Tim Pabrikan BMW


Namun untuk emisi gas buang, buatan Volvo masih lebih baik, sudah lolos standar emisi Euro 5 dengan sistem SCR. Untuk sasis 1836, kabarnya juga akan didatangkan versi Euro 5 di 2023.

Selain itu, ada perbedaan dari transmisi yang digunakan. Volvo memilih otomatis model torque converter biasa sedangkan Mercedes Benz masih memakai model transmisi manual.

Tidak sabar melihat kedua bus bersaing di jalan raya. Kabarnya, tujuh unit sasis Volvo yang dirakit pada batch pertama di Indonesia sudah ludes terjual dan siap dibuat bodinya di karoseri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.