Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi Bus Tronton Volvo B11R Euro 5 dengan Mercedes Benz OC 2542

Kompas.com - 24/12/2022, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indotruck Utama, pemegang merek Volvo baru saja memperkenalkan sasis Volvo B11R yang memenuhi standar Euro 5. Sasis ini akan bermain di kelas premium tronton atau 6x2.

Bicara soal sasis premium, cocok untuk dipasang ke bodi bus double deckerultra high deck (UHD), sampai super high deck (SHD). Sasis tronton punya kekuatan untuk mengangkut bodi tersebut.

Selain Volvo, ada juga merek sasis asal Jerman yang juga memiliki lini produk untuk sasis tronton, yakni Mercedes Benz. Mercedes Benz di bawah Daimler Commercial Vehicles Indonesia memiliki sasis OC 500 RF 2542 di kelas premium tronton.

Baca juga: PO Bin Ilyas Tambah Bus Baru, Pakai Livery Layaknya Bus Tingkat

Sasis bus Mercedes Benz 2542DOK. DCVI Sasis bus Mercedes Benz 2542

Lalu bagaimana jika kedua sasis ini dikomparasi?

Pertama adalah performa, Volvo B11R dibekali dengan Volvo D11 enam silinder segaris diesel. Mesin yang dipasang di bagian belakang sasis ini menghasilkan 450 TK dan torsi 2.150 Nm.

Mesin Volvo terbaru ini pun sekarang sudah memenuhi standar emisi Euro 5 dari sebelumnya Euro 3. Ada peningkatan tenaga dari yang awalnya 430 TK menjadi 450 TK.

Baca juga: Kecelakaan di Cibubur, Pajero Sport Tertimpa Truk Saat Putar Balik

Sedangkan untuk Mercedes Benz 2542, memakai mesin Mercedes-Benz OM 457 LA yang mesih Euro 3 Diesel enam silinder segaris. Mesin tersebut menghasilkan 422 TK dan torsi 1.900 Nm.

Di atas kertas, sasis baru Volvo B11R lebih bertenaga dan torsinya jauh di atas Mercedes Benz 2542. Begitu juga dengan tingkat emisi, Mercedes Benz rencananya baru memperkenalkan sasis dengan standar Euro 5 di 2023.

Untuk transmisi, Volvo dibekali dengan I-Shift, sistem transmisi manual yang dibuat otomatis. Sedangkan Mercedes Benz, transmisinya otomatis enam percepatan biasa dengan primary retarder.

Secara di atas kertas, Volvo memang unggul dengan performa mesin yang lebih baik. Namun patut ditunggu update dari Mercedes Benz yang akan menghadirkan 2542 dengan standar emisi Euro 5, tentu performanya bisa lebih baik lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.