Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Nataru, Ada Rekayasa Lalu Lintas di Jalan Margonda Depok

Kompas.com - 21/12/2022, 06:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Satlantas Polres Metro Depok menerapkan sejumlah uji coba rekayasa lalu lintas (lalin) di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat.

Kasat Lantas Polres Metro Depok AKBP Bonifacius mengatakan, rekayasa lalu lintas yang dilakukan adalah menutup u-turn atau putar balik yang ada di depan showroom Toyota.

Hal itu dilakukan lantaran banyaknya pengendara yang melawan arus di sekitar lokasi. 

Baca juga: Video Sopir Truk Jadi Korban Pemalakan Saat Tunggu Lampu Merah

“Mengingat Margonda merupakan pusat perdagangan dan jasa, serta terpantau sering adanya lawan arus di putaran tersebut. Satlantas Polres Metro Depok bersama Dishub serta Dinas PUPR Kota Depok mencoba rekayasa uji coba U-Turn di depan Toyota,” ujar Boni, dikutip dari NTMC Polri, Selasa (20/12/2022).

Pelang petunjuk jalur lambat dan lancar yang masih terpasang di Jalan Raya Margonda atau tepatnya setelah lampu merah Jalan Ir. H. Juanda, Depok.M Chaerul Halim Pelang petunjuk jalur lambat dan lancar yang masih terpasang di Jalan Raya Margonda atau tepatnya setelah lampu merah Jalan Ir. H. Juanda, Depok.

Selain banyaknya pengendara yang memutar arah, rekayasa lalu lintas juga dilakukan karena u-turn di depan showroom Toyota dekat dengan simpang Juanda. Sehingga apabila terjadi kepadatan, bisa sampai ke lampu merah.

“Kalau dari arah selatan padat dan banyak yang mutar di Toyota, ekornya sampai lampu merah. Makanya coba kita geser ke Mares supaya agak jauh dan posisinya di tengah agar yang dari utara dan selatan kalau mau berputar imbang,” ucapnya. 

Meski begitu, Boni melanjutkan, untuk u-turn yang berada di depan Apartemen Margonda Residence akan dibuka. Pihaknya akan coba melakukan rekayasa lalu lintas ini selama dua minggu sambil terus dipantau.

“Membuka U-Turn depan Apartemen Margonda Residence. Rencana uji coba kurang lebih 2 mingguan dan akan terus di monitor dan evaluasi. Apabila berdampak baik maka akan dipermanenkan,” kata dia.

Uji coba sebetulnya sudah dilakukan sejak akhir pekan kemarin, dan akan dicoba untuk diterapkan pada hari kerja seperti saat ini. 

Baca juga: Menperin Tegaskan Insentif Kendaraan Listrik untuk Produk Rakitan Lokal

Uji coba rekayasa lalu lintas itu dilakukan jug bersamaan dengan Operasi Lilin. Rencananya, akan ada evaluasi pada tanggal 3-4 Januari 2023 nanti terkait uji coba tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.