Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/12/2022, 19:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini Indonesia mulai beralih ke kendaraan listrik berbasis baterai, salah satunya adalah bus. Berbagai bus listrik sudah banyak digunakan di jalanan Indonesia, baik buatan Indonesia maupun China.

Mengikuti tren elektrifikasi tersebut, merek asal Swedia yakni Volvo juga tidak mau ketinggalan. Sebenarnya di Eropa, Volvo sudah memperkenalkan produk bus listrik sejak beberapa tahun lalu.

Namun untuk di Indonesia, Volvo masih belum ikut meramaikan pasar bus listrik. Lalu kapan bus listrik buatan Volvo mengaspal di Indonesia?

Baca juga: Spesifikasi Volvo B11R Euro 5, Semakin Rendah Emisi dan CKD

Mesin Volvo B8RKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Mesin Volvo B8R

Bambang Prijono, Presiden Direktur PT Indotruck Utama mengatakan, Volvo bukannya belum mau memasukkan bus listrik ke Indonesia, tetapi menunggu waktu yang tepat.

"Kami siap-siap saja (membawa bus listrik), tetapi kita menunggu timing yang tepat karena itu membutuhkan kesiapan dari sisi infrastruktur juga," ucap Bambang di Jakarta, Senin (19/12/2022).

Bambang menjelaskan, dalam waktu yang tidak lama lagi Volvo merencanakan untuk membawa prototipe sasis bus listrik ke Indonesia. Sasis yang akan dibawa untuk bus kota atau city bus.

Baca juga: Beli Innova Zenix Sekarang Tidak Bisa Dipakai buat Lebaran


"Kita belum bisa disclose (waktu peluncuran) tapi dalam waktu yang tidak lama lagi," ucap Bambang.

Eka Lovyan, COO PT Indotruck Utama mengatakan, mengenai sasis bus listrik, sedang didiskusikan dengan pihak Volvo yang ada di Swedia dengan penyedia infrastruktur.

"Kita rencana mau jual satu paket (dengan charging station) supaya nanti customer tidak pusing. Kita juga berusaha agar paket lebih visible buat customer," ucap Eka kepada Kompas.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.