Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volvo Siapkan Sasis Bus Listrik untuk Indonesia

Kompas.com - 20/12/2022, 19:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini Indonesia mulai beralih ke kendaraan listrik berbasis baterai, salah satunya adalah bus. Berbagai bus listrik sudah banyak digunakan di jalanan Indonesia, baik buatan Indonesia maupun China.

Mengikuti tren elektrifikasi tersebut, merek asal Swedia yakni Volvo juga tidak mau ketinggalan. Sebenarnya di Eropa, Volvo sudah memperkenalkan produk bus listrik sejak beberapa tahun lalu.

Namun untuk di Indonesia, Volvo masih belum ikut meramaikan pasar bus listrik. Lalu kapan bus listrik buatan Volvo mengaspal di Indonesia?

Baca juga: Spesifikasi Volvo B11R Euro 5, Semakin Rendah Emisi dan CKD

Mesin Volvo B8RKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Mesin Volvo B8R

Bambang Prijono, Presiden Direktur PT Indotruck Utama mengatakan, Volvo bukannya belum mau memasukkan bus listrik ke Indonesia, tetapi menunggu waktu yang tepat.

"Kami siap-siap saja (membawa bus listrik), tetapi kita menunggu timing yang tepat karena itu membutuhkan kesiapan dari sisi infrastruktur juga," ucap Bambang di Jakarta, Senin (19/12/2022).

Bambang menjelaskan, dalam waktu yang tidak lama lagi Volvo merencanakan untuk membawa prototipe sasis bus listrik ke Indonesia. Sasis yang akan dibawa untuk bus kota atau city bus.

Baca juga: Beli Innova Zenix Sekarang Tidak Bisa Dipakai buat Lebaran


"Kita belum bisa disclose (waktu peluncuran) tapi dalam waktu yang tidak lama lagi," ucap Bambang.

Eka Lovyan, COO PT Indotruck Utama mengatakan, mengenai sasis bus listrik, sedang didiskusikan dengan pihak Volvo yang ada di Swedia dengan penyedia infrastruktur.

"Kita rencana mau jual satu paket (dengan charging station) supaya nanti customer tidak pusing. Kita juga berusaha agar paket lebih visible buat customer," ucap Eka kepada Kompas.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com