Kompas.com - 24/11/2022, 09:12 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Mobil bensin atau diesel common rail banyak yang dilengkapi turbocharger untuk mendongkrak tenaga dan efisiensi bahan bakar

Komponen tersebut mengandalkan tekanan tinggi dari oli dan udara. Beberapa kasus kerusakan biasanya lantaran salah satu dari keduanya hal tadi tak berjalan normal. 

Turbocharger yang rusak dampaknya sangat serius. Performa mesin jauh berkurang karena kompresi yang dihasilkan menurun.

Hal ini harus bisa diwaspadai oleh pemilik mobil. Minimal bisa mengetahui atau memahami tanda-tanda kerusakan turbo.

Baca juga: Keuntungan Turbo pada Mobil dengan Kapasitas Mesin Kecil 

Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto menjelaskan, seperti komponen mekanis umumnya, kerusakan turbocharger biasanya bisa dikenali dari bunyi atau suara asing yang tiba-tiba muncul.

Turbocharger mobilSirimas Turbocharger mobil

"Suaranya mirip siulan keras, ada kotoran yang menumpuk di kipas turbin. Kompresor turbo bisa berhenti bergerak cepat. Bahaya, karena beberapa komponen lainnya bisa rusak bersamaan," kata Bambang kepada Kompas.com, Rabu (23/11/2022). 

Baca juga: Adu Mesin Innova Zenix dan Innova Reborn, Mana Lebih Bertenaga?

Membiarkan hal tersebut, komponen sil kit turbocharger berpeluang bocor. Mekanisme bearing dan as turbin juga oblak.

Kondisi tersebut dikategorikan hal yang cukup serius karena volume oli mesin berpotensi berkurang drastis.

Oli yang terbakar bisa terlihat dari kepulan asap knalpot. Bambang mengatakan, kasus tersebut berbeda seperti halnya kerusakan komponen mesin. 

"Warna asap knalpot hitam keputihan, asap pembakaran jadi satu keluar bersama oli mesin yang terbakar. Masalah sil bocor tak disadari sering jadi biang keladi diesel runaway," ucapnya. 

Saat alami runaway, mesin diesel akan terus menyala walaupun kontak sudah pada posisi off.- Saat alami runaway, mesin diesel akan terus menyala walaupun kontak sudah pada posisi off.

Penyakit mesin diesel yang menakutkan bisa dicegah lebih dini, Bambang menyarankan, turbocharger membutuhkan perawatan khusus mengingat fungsinya yang benar-benar vital. 

Mudah saja, bentuk perawatan mandiri seperti memastikan tidak ada kebocoran jadi satu-satunya cara menghindari kerusakan serius. 

Baca juga: Kenapa Innova Pakai Timing Belt Bukan Timing Chain?

"Diesel runaway ancaman serius, tak harus takut karena bisa dicegah. Insting mendeteksi kebocoran oli jadi kunci. Hal utama adalah mewaspadai asap keluar yang tidak wajar," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.