Kompas.com - 23/11/2022, 09:22 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota Kijang Innova Zenix tidak memiliki pilihan mesin diesel. Padahal, mesin diesel pada Innova Reborn alias model Innova sebelumnya, sangat didamba-dambakan karena irit dan bertenaga.

Sebagai gantinya, terdapat mesin bensin yang dikombinasikan dengan motor listrik. Mesin ini disebut-sebut punya performa yang lebih baik dibandingkan mesin diesel.

Meski begitu, kehadiran Innova Zenix tidak serta merta menghapus model sebelumnya. Innova Reborn masih tersedia, namun terbatas untuk kebutuhan niaga.

Baca juga: Toyota Klaim Kijang Innova Zenix Hybrid Lebih Irit BBM dari LCGC

Generasi ke-7 Toyota Kijang Innova, yakni Zenix resmi meluncur. KOMPAS.com/Ninda Generasi ke-7 Toyota Kijang Innova, yakni Zenix resmi meluncur.

Lantas, bagaimana perbandingan mesin Innova Zenix dan Innova Reborn, siapa lebih bertenaga?

Di atas kertas, Innova Zenix Hybrid mengawinkan mesin 2.000 cc berkode M20A-FXS dengan motor listrik.

Mesin bensinnya punya tenaga 152 PS atau setara 150 Tk pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm.

Baca juga: Jadi Mirip SUV, Begini Desain Eksterior Kijang Innova Zenix

Sementara motor listriknya bertenaga 113 PS dengan torsi 205,9 Nm. Tenaga gabungan sistem hybrid-nya mencapai 186 PS atau sekitar 184 Tk.

Di sektor dapur pacu, Innova Reborn memiliki dua pilihan mesin, diesel dan bensin. Mesin dieselnya mengusung unit 2GD-FTV berkapasitas 2.400 cc lengkap dengan Variable Nozzle Turbocharger (VNT) dan Intercooler.

Mesin mobil ini mampu menghasilkan tenaga 149 Tk pada 3.400 rpm dan torsi maksimal 350 Nm pada 1.200-2.800 rpm.

Baca juga: Innova Zenix Meluncur, Kijang Lawas Naik Harga

Produksi Toyota Kijang Innova Hybrid di pabrik Karawang, Jawa Barat. Toyota/TMMIN Produksi Toyota Kijang Innova Hybrid di pabrik Karawang, Jawa Barat.

Sementara itu, mesin bensinnya mengusung unit 1TR-FTV 4-silinder DOHC yang memiliki kapasitas 1.998 cc. Berdasarkan speknya, mesin bensin ini menghasilkan tenaga 137 Tk dan torsi puncak 183,3 Nm.

“Dari sisi keiritan, baik bensin maupun hybrid lebih irit dibandingkan yang diesel. Jadi harapan kami, konsumen bisa mencoba langsung bagaimana keiritan dan performa mobil yang baru ini," kata Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, di Jakarta (21/11/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.