Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keuntungan Turbo pada Mobil dengan Kapasitas Mesin Kecil

Kompas.com - 13/11/2022, 17:21 WIB
|

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini banyak ditemui mobil bensin dengan kapasitas kecil namun dilengkapi dengan teknologi turbocharger.

Padahal, bila melihat fungsi dasar dari turbocharger adalah untuk meningkatkan tenaga. Hal itu menjadikan turbocharger biasanya dijumpai di mobil-mobil sport yang memang membutuhkan tenaga ekstra.

Namun, faktanya teknologi ini bisa menjadi komponen mobil yang bisa dialihfungsikan menjadi pelengkap mobil-mobil kecil dengan kapasitas mesin yang kecil seperti yang ada pada Nissan Magnite, Daihatsu Rocky dan Toyota Raize.

Baca juga: Peran Penting Turbocharger pada Mesin Diesel

Ilustrasi cara kerja mesin yang dilengkapi turbocharger Gambar.id Ilustrasi cara kerja mesin yang dilengkapi turbocharger

Mekanik Aha Spesialis Nissan & Datsun Yanto, mengatakan teknologi turbocharger pada mesin berkapasitas kecil memiliki keuntungan tersendiri selain sebagai penambah tenaga.

“Awalnya teknologi turbocharger diperuntukkan untuk mobil-mobil yang membutuhkan tenaga lebih seperti mobil sport, mobil offroad dan lain sebagainya, tapi sekarang juga disematkan pada mobil perkotaan sekali pun,” ucap Yanto kepada Kompas.com, Minggu (13/11/2022).

Dia mengatakan turbocharger memiliki keuntungan bila disematkan pada mobil dengan mesin berkapasitas kecil.

Baca juga: Ini Perbedaan Mesin Turbocharger dan Supercharger

Daihatsu Rocky 1.0L TurboKOMPAS.com/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky 1.0L Turbo

“Mobil kecil tentu saja yang dikejar bukan lagi soal tenaga, melainkan kemampuan mesin dalam mengoptimalkan bahan bakar yang sudah terbakar menjadi tenaga yang maksimal, ujung-ujungnya turbocharger digunakan untuk menghemat konsumsi bahan bakar,” ucap Yanto.

Dia mengatakan, sesungguhnya hubungan tenaga dengan sempurnanya proses pembakaran bisa disamakan dengan hubungan konsumsi bahan bakar dengan sempurnanya proses pembakaran.

“Semakin sempurna proses pembakaran, maka sepatutnya tenaga yang dihasilkan akan semakin optimal, hal itu juga berkaitan dengan jumlah bahan bakar yang dibutuhkan mobil untuk menempuh jarak tertentu,” ucap Yanto.

Baca juga: Ini Bedanya Supercharger, Turbocharger, dan NOS

Nissan MagniteKOMPAS.com/STANLY RAVEL Nissan Magnite

Dia juga mengatakan mesin dengan kapasitas yang lebih kecil tapi dilengkapi dengan turbocharger akan menguntungkan juga pada sisi pembayaran pajak kendaraan tahunan.

“Semakin kecil kapasitas mesin biasanya pajak yang dibebankan pada pemilik kendaraan akan semakin kecil, tapi sebenarnya tenaga mesin tersebut bisa mengimbangi mesin dengan kapasitas mesin yang lebih besar tanpa turbocharger,” ucap Yanto.

Jadi, menurut Yanto turbocharger banyak memiliki keuntungan bila disematkan pada mobil dengan mesin berkapasitas kecil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.