Kompas.com - 23/11/2022, 12:02 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Toyota Innova masih banyak diminati masyarakat karena memiliki mesin tangguh, irit bahan bakar serta memiliki kabin yang lega.

Agar mobil ini memiliki performa yang prima, maka perlu dilakukan perawatan secara berkala. Nah, khusus Innova ada kewajiban mengganti timing belt setiap mobil menempuh jarak 100.000 Km.

Padahal, di mobil-mobil lain tidak ada jadwal penggantian timing belt karena sebagian sudah menggunakan rantai atau timing chain sehingga tidak memerlukan penggantian secara rutin bila tidak ada kerusakan.

Baca juga: Kapan Waktu Interval Penggantian Timing Belt Innova Diesel?

Kijang Innova bekas tercatat mengalami kenaikan harga sejak pertengahan November Mobil88 Kijang Innova bekas tercatat mengalami kenaikan harga sejak pertengahan November

Kepala Bengkel Nasmoco Solo Baru Nyoman, mengatakan untuk mobil yang tidak menggunakan timing belt, maka tidak perlu melakukan penggantian secara rutin, tapi untuk Innova diesel masih pakai timing belt dan harus diganti secara rutin.

“Innova diesel masih pakai timing belt, maka dari itu ada biaya perawatan tambahan untuk mengganti sabuk yang terbuat dari bahan yang lebih empuk dan fleksibel secara rutin, berbeda dengan mobil yang memakai timing chain atau rantai,” ucap Nyoman kepada Kompas.com, Selasa (22/11/2022).

Dia mengatakan penggunaan timing belt pada Innova diesel bukan tanpa alasan, melainkan ada keuntungan yang didapatkan karena bahan yang digunakan lebih empuk dan fleksibel.

Baca juga: Adu Mesin Innova Zenix dan Innova Reborn, Mana Lebih Bertenaga?

Mesin Toyota Innova Zenit HybridKOMPAS.com/NINDA Mesin Toyota Innova Zenit Hybrid

“Timing belt menghasilkan suara mesin yang lebih halus, tapi ya harus diganti secara rutin, kebalikannya dengan yang timing chain lebih kasar suaranya, tapi tidak perlu diganti secara rutin,” ucap Nyoman.

Hal yang serupa juga disampaikan oleh Kepala Bengkel Nasmoco Klaten Bitok Kasdik. Dia mengatakan timing chain tidak bisa dikatakan lebih baik daripada timing belt hanya karena lebih awet, karena sebenarnya ada kelebihan dan kekurangannya pada masing-masing komponen.

“Sudah menjadi keputusan manufaktur untuk Innova menggunakan timing belt, dapat mempermudah perawatan bila terjadi kerusakan serta menghasilkan suara yang lebih lembut,” ucap Bitok kepada Kompas.com, Selasa (22/11/2022).

Baca juga: Alasan Kijang Innova Zenix Kini Pakai Penggerak Depan

Kijang Innova bekas tercatat mengalami kenaikan harga sejak pertengahan November Mobil88 Kijang Innova bekas tercatat mengalami kenaikan harga sejak pertengahan November

Dia mengatakan memang hal itu menjadi perawatan tambahan yang ada pada Innova diesel, berbeda dengan mobil lain yang menggunakan timing chain.

“Kalau pakai timing chain kan tidak perlu diganti secara berkala bila tidak ada kerusakan, tapi proses penggantian timing chain tentu lebih ribet daripada timing belt,” ucap Bitok.

Dia mengatakan keduanya sebenarnya memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan keputusan yang diambil oleh manufaktur adalah menggunakan timing belt untuk Innova.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.