Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Baru Travelink, Pakai Mercedes Benz OF 917 dan Bodi Single Glass

Kompas.com - 11/11/2022, 18:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PO pariwisata Travelink sebelumnya pernah mengambil unit bus custom yang kabinnya dibuat super mewah. Bahkan, ada akses langsung dari kabin menuju bagasi di bawah dengan kulkasnya yang besar.

Tidak berselang lama, saudara kecil dari unit big bus tersebut kini diambil. Untuk unit yang diambil dari Karoseri Adiputro ini menggunakan sasis Mercedes Benz OF 917 yang dipasang ke bodi Jetbus MD Single Glass.

Secara tampilan luar, kelir putih digunakan serta memakai livery khas dari Travelink. Selain itu, kaca depan yang single membuat pandangan penumpang ke arah luar jadi leluasa, sangat nyaman untuk jalan-jalan.

Baca juga: Deretan Bus Double Decker yang Beroperasi di Tanah Celebes

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

 

Apalagi bisa dilihat dari samping, tidak dipasang selendang Voyager khas Jetbus. Jadi penumpang semakin leluasa melihat ke arah samping maupun depan, tidak terhalang.

Selain itu, tampak pada bagian belakang bus ruangan yang biasanya jadi tempat mesin digunakan sebagai bagasi. Hal ini bisa dilakukan karena sasis OF 917 merupakan model bus bermesin depan.

Untuk bagian kabinnya, Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, bangku disusun dua kanan dan dua kiri (2-2), selain itu standar saja.

Baca juga: Meski Gagal Juara Dunia, Quartararo Dapat Kado YZR-M1 dari Yamaha


"Standar, tapi lantainya ditambah karpet dan ada tambahan speaker depan," ucap Yohan kepada Kompas.com, Jumat (11/11/2022).

Secara tampilan, karpet memang membuat bus semakin terasa nyaman atau homy. Tapi, untuk perawatannya tentu lebih repot ketimbang lantai bus biasa yang lebih mudah dibersihkan.

Kemudian, untuk speakernya memang cukup unik bentuknya, di tempel di atas pintu depan. Selain itu, tampak hiasan tulisan Jetbus di samping speaker, menambah manis tampilannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com