Kompas.com - 11/11/2022, 18:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PO pariwisata Travelink sebelumnya pernah mengambil unit bus custom yang kabinnya dibuat super mewah. Bahkan, ada akses langsung dari kabin menuju bagasi di bawah dengan kulkasnya yang besar.

Tidak berselang lama, saudara kecil dari unit big bus tersebut kini diambil. Untuk unit yang diambil dari Karoseri Adiputro ini menggunakan sasis Mercedes Benz OF 917 yang dipasang ke bodi Jetbus MD Single Glass.

Secara tampilan luar, kelir putih digunakan serta memakai livery khas dari Travelink. Selain itu, kaca depan yang single membuat pandangan penumpang ke arah luar jadi leluasa, sangat nyaman untuk jalan-jalan.

Baca juga: Deretan Bus Double Decker yang Beroperasi di Tanah Celebes

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

 

Apalagi bisa dilihat dari samping, tidak dipasang selendang Voyager khas Jetbus. Jadi penumpang semakin leluasa melihat ke arah samping maupun depan, tidak terhalang.

Selain itu, tampak pada bagian belakang bus ruangan yang biasanya jadi tempat mesin digunakan sebagai bagasi. Hal ini bisa dilakukan karena sasis OF 917 merupakan model bus bermesin depan.

Untuk bagian kabinnya, Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, bangku disusun dua kanan dan dua kiri (2-2), selain itu standar saja.

Baca juga: Meski Gagal Juara Dunia, Quartararo Dapat Kado YZR-M1 dari Yamaha


"Standar, tapi lantainya ditambah karpet dan ada tambahan speaker depan," ucap Yohan kepada Kompas.com, Jumat (11/11/2022).

Secara tampilan, karpet memang membuat bus semakin terasa nyaman atau homy. Tapi, untuk perawatannya tentu lebih repot ketimbang lantai bus biasa yang lebih mudah dibersihkan.

Kemudian, untuk speakernya memang cukup unik bentuknya, di tempel di atas pintu depan. Selain itu, tampak hiasan tulisan Jetbus di samping speaker, menambah manis tampilannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.