Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Bus Double Decker yang Beroperasi di Tanah Celebes

Kompas.com - 11/11/2022, 16:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus yang beroperasi di Pulau Sulawesi bisa dibilang penuh dengan armada yang super nyaman. Salah satu penyebabnya adalah permintaan dari penumpangnya yang menyukai bangku layaknya sofa.

Selain itu, saat ini pun PO bus di Sulawesi mulai menggunakan armada yang premium. Tidak sedikit bus bergaya sleeper sampai mulai bermunculan PO dengan armada bus double decker.

Kalau mau mencoba bus tingkat untuk daerah Sulawesi, menurut Yulius Jatmiko, Sekjen BisMania Community, ada dua PO yang mengoperasikan armada double decker.

Baca juga: Mengapa Bangku Penumpang Bus Paling Depan Disebut Hot Seat?

Bus AKAP baru PO PrimadonaDOK. NEW ARMADA Bus AKAP baru PO Primadona

"Pertama ada Borlindo dengan trayek Makassar-Toraja dan PO Primadona," ucapnya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Untuk unit milik PO Borlindo, ada beberapa model yang digunakan. Pertama ada buatan Nusantara Gemilang bodi Conqueror, lalu ada Legacy SR2 Double Decker dari Laksana dan terakhir unit Avante D2 dari Karoseri Tentrem.

Tersedia tiga kelas layanan pada bus tingkat Borlindo. Misal di dek bawah ada sleeper, lalu super eksekutif dan di atas eksekutif dengan bangku yang tetap nyaman khas bus Sulawesi.

Baca juga: Pengemudi Bus Jelaskan Betapa Lihai Para Pencopet di Kabin

Kabin Bus AKAP baru PO PrimadonaDOK. NEW ARMADA Kabin Bus AKAP baru PO Primadona

Uniknya, untuk bus tingkat paling baru dari Borlindo yakni Avante D2, lantai bawahnya full dengan sleeper seat. Bahkan dengan memanfaatkan ruang, sleeper seat dibuat bertingkat di dek bawah, sangat unik.

Lalu untuk PO kedua yang mengoperasikan bus tingkat di Sulawesi adalah PO Primadona. Bisa dibilang, PO Primadona langganan memakai bodi bus tingkat buatan Karoseri New Armada.

Setidaknya ada empat unit bus tingkat milik PO Primadona, dua memakai bodi Aerodeck dan dua lagi menggunakan Skylander. Semua unitnya punya kabin yang mewah, bahkan seperti dibuat private room untuk kabin bawah.

Sebenarnya ada satu PO lagi yang pernah mengoperasikan bus tingkat, yakni Metro Permai dengan bodi Jetbus 3+ SDD. Tapi baru-baru ini bus tersebut sudah dijual dan kembali ke Pulau Jawa, digunakan oleh PO Narendra Trans.

Keunikan dari bus-bus super mewah di Sulawesi ini selain bangku yang nyaman adalah tidak adanya toilet. Padahal, untuk bus yang beroperasi di Jawa, kebanyakan menyediakan toilet di kabin bus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com