Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/10/2022, 10:12 WIB

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Push button atau start stop engine menjadi tren pada mobil modern. Fitur tersebut menggantikan fungsi anak kunci saat awal mobil dihidupkan.

Bila biasanya anak kunci perlu diputar untuk menyalakan mesin. Hanya dengan menekan tombol, serta menginjak pedal rem atau pedal kopling maka mobil bisa dinyalakan.

Hal itu merupakan gabungan fitur dari keyless sistem. Nah, beberapa hari yang lalu sempat beredar kabar mobil modern gagal start. Mobil tersebut menggunakan fitur push button.

Rupanya fenomena tersebut bukan menjadi hal baru, karena beberapa mobil juga sudah banyak yang dilengkapi dengan push button. Setidaknya ada beberapa faktor yang menyebabkan mobil dengan push button mengalami gagal hidup.

Baca juga: Waspada Motor Starter Rusak Setelah Mobil Menerjang Genangan Air

Interior Toyota Rush GR SportKompas.com/Donny Interior Toyota Rush GR Sport

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan seharusnya ketika tombol ditekan akan mengubah kondisi Off ke On, namun bila pedal rem diinjak maka akan langsung menghidupkan mesin.

“Dengan fitur push button seharusnya mempermudah pengguna untuk menyalakan mesin, karena dengan menekan pedal rem dan tombol sekali maka mesin bisa menyala,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Minggu (30/10/2022).

Dia mengatakan ada beberapa syarat agar mobil dengan fitur push button bisa dihidupkan mulai dari immobilizer, saklar rem, dan push buttonnya itu sendiri.

Baca juga: Motor Starter Mobil Rusak, Apakah Masih Bisa Servis?

Suasana interior mobil baru Kia Grand Carnival, bergenre MPV bongsor dari Korea Selatan.KOMPAS.com/Donny Dwisatryo Priyantoro Suasana interior mobil baru Kia Grand Carnival, bergenre MPV bongsor dari Korea Selatan.

“Ada banyak faktor yang menyebabkan mobil dengan fitur push button mengalami gagal start, bisa dari immobilizer-nya, gangguan arus listrik menuju push button, atau saklar lampu rem,” ucap Ibrohim.

Dia menjelaskan bila immobilizernya terganggu, maka mungkin saja mobil bisa distarter tapi mesin tidak mau hidup, karena immobilizer merupakan pengaman mobil agar mesin tidak bisa hidup bila tidak terdeteksi remote yang sesuai.

“Mungkin juga bisa sampai tidak bisa On karena pada push button dilengkapi antena yang akan menangkap frekuensi dari remote, bisa karena antenanya yang terganggu atau hanya baterai remotenya yang lemah, ini perlu diperiksa,” ucap Ibrohim.

Interior Ertiga Hybrid yang baru saja meluncur resmi hari ini, Jumat (10/6/2022)KOMPAS.com/Ruly Interior Ertiga Hybrid yang baru saja meluncur resmi hari ini, Jumat (10/6/2022)
Baca juga: Tanpa Kick Starter, Benarkah Aki Motor Baru Lebih Cepat Soak?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.