Motor Starter Mobil Rusak, Apakah Masih Bisa Servis?

Kompas.com - 24/09/2022, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor starter merupakan komponen utama yang menunjang penghidupan mesin mobil di awal. Seperti namanya, motor ini bekerja hanya diawal saja untuk memulai mesin berputar.

Jika komponen ini rusak, maka dapat dipastikan mesin mobil susah untuk dinyalakan. Bahkan, motor starter yang rusak bisa dibilang sebagai salah satu penyebab mobil mogok.

Nah, ketika motor starter rusak, apakah masih bisa diperbaiki?

Baca juga: Kenali Masalah Bunyi Keras Saat Starter Mobil

Kabin Subaru Forester STI SportCARSCOOPS.COM Kabin Subaru Forester STI Sport

Pemilik Sriyatin Car Spesialis Nissan & Datsun Agus Setiawan, mengatakan, motor starter yang rusak tidak harus diganti satu gelondong, tapi bisa dibongkar terlebih dulu untuk diganti komponen yang rusaknya saja.

“Motor starter yang rusak bisa diperbaiki, tidak harus ganti satu gelondong, karena komponen dalam motor starter di toko banyak dijual, dan pemasangannya juga cukup mudah,” ucap Agus kepada Kompas.com, Sabtu (24/9/2022).

Dia mengatakan motor starter yang rusak bisa diidentifikasi kerusakannya pada komponen yang lebih spesifik.

Baca juga: Mobil Susah Starter Mesin pada Pagi Hari, Coba Cek Komponen Ini!

“Bisa saja rusaknya dari brush-nya, switch starter atau bendiknya, atau ada komponen mekanisme yang rusak atau patah, jika diganti komponen yang rusak saja maka biaya yang dikeluarkan bisa menjadi lebih terjangkau,” ucap Agus.

Dia mengatakan bahkan kerusakan motor starter ada yang tidak perlu mengganti komponen, namun bisa tertolong dengan melakukan pembersihan komponen dari kotoran yang membandel.

“Bisa juga hanya karena kotor, jadi motor starter yang dinyatakan rusak itu sebenarnya tidak rusak, tapi hanya butuh perawatan saja, dibersihkan dari kotoran yang membandel, yang menghalangi arus listrik dan mekanisme motor starter,” ucap Agus.

Jadi, motor starter yang rusak masih bisa diperbaiki dengan cara melakukan pemeriksaan lebih detail dengan membongkarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.